Disdagperin Prov. Kalteng Gelar Rakor Stabilisasi Harga dan Stok Pasokan Barang Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru

Kontribusi dari Widia Natalia, 16 Desember 2020 10:43, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Endang Kusriatun mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri sekaligus membuka secara langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Stabilisasi Harga dan Stok/Pasokan Barang Kebutuhan Pokok menjelang Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Kalteng.  Rakor digelar di Luwansa Hotel Palangka Raya, Rabu (16/12/2020).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawati dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan dari Kegiatan Rakor ini adalah melakukan koordinasi dengan pihak – pihak yang terkait dalam rangka menjaga kestabilan harga dan stok/pasokan barang kebutuhan pokok menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Selain itu, memantau kesiapan Daerah dalam rangka menjaga kelancaran arus distribusi dan stabilitas harga ditengah Pandemi Covid - 19 sehingga masyarakat dapat merayakan hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.
 

(Baca Juga : Kalteng Kembali Dipercayakan Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia UCI Mountain Bike Eliminator World Championships Tahun 2023)

Aster Bonawati menyampaikan kegiatan Rakor tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng dalam rangka menjaga stalibilitas harga dan stok bahan pokok terutama menjelang Hari Besar Keagamaan yaitu hari Natal tanggal 25 Desember 2020 dan menjelang Tahun Baru 2021.

"Rangkaian kegiatan itu antara lain koordinasi dengan Daerah dan Instansi terkait baik di Tingkat Provinsi dan Instansi vertikal di Provinsi”, tutur Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawati.

Lebih lanjut Aster Bonawati menyampaikan berdasarkan pemantauan harga-harga barang kebutuhan pokok sampai dengan saat ini belum ada harga bahan pokok yang naik signifikan atau masih dalam kondisi wajar.


Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Prov. Kalteng Endang Kusriatun saat membacakan Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan datangnya Hari Besar Keagamaan selalu diiringi dengan terjadinya peningkatan permintaan terhadap beberapa komoditas bahan pokok, hal ini merupakan tradisi yang sudah berlangsung cukup lama, dimana variasi makanan yang dikonsumsi masyarakat semakin beragam sehingga terjadinya peningkatan permintaan bahan pokok.

Tidak lama lagi umat Kristiani akan melaksanakan Hari Raya Natal 2020 dan menjelang Tahun Baru 2021. Setiap datanya Hari Besar Keagamaan seperti Hari Raya Natal 2020 dan menjelang Tahun Baru 2021, dimana umat Kristiani akan menyambutnya dengan penuh suka cita Natal.

Endang Kusriatun meminta, sehubungan dengan hal diatas, agar Dinas/Instansi terkait dapat mengantisipasi terhadap stok/ketersediaannya agar tidak terjadi kelangkaan. Endang Kusriatun juga meminta kepada Kepala Dinas/Instansi terkait baik lingkup Provinsi maupun Kabupaten/Kota agar selalu berkoordinasi, untuk menjaga kecukupan stok bahan pokok dan yang perlu diperhatikan adalah bagaimana keamanan dan kelancaran arus distrubasi barang ditengah pandemi Covid-19, mengingat barang kebutuhan pokok dari luar Daerah.

“Menyikapi kondisi ini perlu dilakukan antisipasi karena setiap datangnya hari besar keagamaan terutama pada masa Pandemi Covid-19 sulitnya arus lalu lintas karena pengiriman barang terhalang oleh test kesehatan yang harus dilakukan oleh supir pengangkut logistic yang akan masuk ke setiap Daerah sampai di Daerah tujuan dan menipisnya persediaan/stok pada tingkat agen, distributor, dan pedagang besar” jelas Endang Kusriatun.

Endang Kusriatun menghimbau kepada pelaku usaha agar dapat mengantisipasi dan jika ada hambatan dalam arus distribusi agar segera memberitahukan dan berkoordinasi dengan Dinas/Instansi terkait.

“Saya ingatkan kepada pelaku usaha untuk tidak melakukan penimbunan diluar dari kewajaran”, imbuhnya.

Disamping itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Prov. Kalteng meminta kepada Kepala Dinas yang membidangi Perdagangan di Kabupaten/Kota se-Kalteng agar mengaktifkan fungsi dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) seperti meningkatkan lagi keberadaan pasar penyeimbang di Daerahnya masing-masing.

Endang Kusriatun berharap Rakor dalam rangka menjaga ketersediaan bahan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan dapat bermanfaat bagi masyarakat yaitu dimana masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga yang wajar.

Rakor Stabilisasi Harga dan Stok/Pasokan Barang Kebutuhan Pokok menjelang Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dihadiri Narasumber yakni Pimpinan Wilayah Perum Bulog Divre Kalteng Mika Ramba Kendenan dan Kasubdit INDAGSI Ditreskrimsus Polda Kalteng Arwin A. Wientama. (WDY/Foto:Ari)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook