Hadapi New Normal dengan Penyediaan Tandon Air Cuci Tangan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 15 Desember 2020 15:31, Dibaca 181 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - New normal merupakan perubahan perilaku atau kebiasaan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Himbauan dari pemerintah yang menganjurkan agar kita selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir merupakan salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 yang tak bosan-bosannya dilaksanakan dengan cara mencuci tangan yang benar.

Melalui Koordinator Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah Kibue  menyampaikan, ”Terdapat enam langkah dalam mencuci tangan dengan benar, yaitu gosok kedua telapak tangan, gosok punggung tangan, gosok sela-sela jari, mengunci kedua tangan, putar ibu jari secara bergantian, dan putar ujung jemari,” ucapnya kepada tim Informasi dan Publikasi, Selasa (15/12/2020).

(Baca Juga : Dislutkan Kalteng Berikan Bimbingan Teknis dan Pendampingan Bagi Pelaku Usaha Perikanan di Kawasan Food Estate)

“Mari budayakan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tim penyaluran pengisian air tandon untuk mencuci tangan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah Tristano menyampaikan, ”Ada sekitar 48 buah tandon air yang tersebar di sekitaran Kota Palangka Raya secara rutin setiap hari diisi air bersih,” katanya.

“Air yang diisi ke dalam tandon tersebut langsung diambil dari sumber sumur bor. Ada tiga titik sumber sumur bor yang sering diambil airnya untuk pengisian tandon air cuci tangan yaitu sumur bor di Pusdalops-PB, sumur bor di depan PDAM dan sumur bor di Kantor BPBPK Provinsi Kalimantan Tengah,” sambungnya.

“Tandon air cuci tangan tersebut berisi sekitar 350 liter air yang tersebar di titik-titik sering berkumpulnya orang banyak. Di dekat tandon air tersebut juga disediakan sabun cair sebagai sabun untuk cuci tangan,” tuturnya. (Pky.15/12/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook