Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I dan II Tahun 2021

Kontribusi dari BPSDM Kalteng, 23 Maret 2021 08:00, Dibaca 275 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), bertempat di jalan Ais Nasution No. 2 Palangka Raya, mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I & II melalui metode blended learning, Selasa (23/3/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi managerial kapasitas administrator dalam rangka memenuhi standar kompetensi jabatan pimpinan yang tersedia.

Sasaran pelatihan ini adalah para pejabat administrator kabupaten/kota di Prov. Kalteng yang diharapkan memiliki kemampuan, pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku untuk menjalankan tugasnya. Kegiatan PKA dimulai pada Tanggal 23 Maret s/d 28 Juni 2021 dan diikuti oleh 80 peserta.

(Baca Juga : Asuransi Nelayan Berkah, Salah Satu Inovasi Kalteng yang Memiliki Banyak Manfaat)


Kepala BPSDM Prov. Kalteng, Sri Widanarni, S.IP., M.Si dalam upacara pembukaan menyampaikan terkait pelatihan berbasis Blended Learning di masa pandemi saat ini, "Mari kita dukung dan wujudkan program-program pemerintah dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan selalu memakai masker keluar rumah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta jaga jarak dan hindari keramaian. Semoga kita semua selalu sehat, terhindar dari covid-19 dan selalu dalam lindungan Allah SWT," ucapnya.

Sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng, Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P menyampaikan, “Meskipun pelatihan tahun ini menggunakan sistem online tidak menjadi masalah, yang penting semangat kita dalam mengikuti pelatihan ini, karena sekarang eranya online mungkin lebih efektif, efisien dan juga bisa menjaga kesehatan masing-masing,” imbuhnya. 

Ia juga berharap pejabat administrator mempunyai daya kreatif dan inovatif serta kepekaan di masa pandemi. Peka terhadap krisis untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi adaptasi kebiasaan baru sehingga menghasilkan aparatur berkinerja tinggi dan pelayanan publik tetap terjamin,” katanya.

Lebih lanjut, Fahrizal Fitri mengatakan, pejabat administrator juga dituntut menguasai IT di tengah krisis Covid-19. Selain untuk menghasilkan aparatur yang berkinerja tinggi, penggunaan IT selaras dengan pelayanan publik saat ini yang menuntut kecepatan dalam memberikan pelayanan.

Fahrizal Fitri juga tidak henti-hentinya mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan covid-19, khususnya di lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pelatihan secara klasikal. Pembelajaran klasikal/tatap muka butuh komitmen kuat antara penyelenggara, peserta dan tenaga pengajar.

Yang diutamakan adalah keselamatan bersama, baik penyelenggara, peserta maupun tenaga pengajar dan jangan sampai protokol kesehatan 3M Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga Jarak diabaikan guna mencegah terjadinya klaster baru yang akan mendorong timbulnya klaster baru keluarga,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Fahrizal Fitri menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap pimpinan dan karyawan BPSDM Prov. Kalteng yang telah bersinergi dengan baik, sehingga pelaksanaan kegiatan PKA dan pelatihan teknis lainnya, baik yang dilaksanakan secara klasikal maupun non klasikal dapat terlaksana dengan baik dan tetap memperhatikan serta menerapkan protokol kesehatan covid-19.(Rendy BPSDM / Dewit BPSDM).

BPSDM Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook