Tersedianya Dokumen Perencanaan Penyusunan Master Plan dan DED Taman Median Dalam Kota Kuala Kurun

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 01 Desember 2020 12:30, Dibaca 1,475 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar rapat Ekspose Pekerjaan Penyusunan Master Plan Taman Kota Kuala Kurun dan pekerjaan Perencanaan Renovasi dan Penataan Kantor Bupati tahun Anggaran 2020, bertempat di lantai 1 Kantor Bupati Gunung Mas, Selasa (1/12/2020). Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan Kabupaten Gunung Mas Yohanes Tuah, didampingi Konsultan serta dihadiri Kepala Perangkat Daereh, pihak PLN, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pihak terkait lainnya.

Maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu tersedianya dokumen perencanaan penyusunan master plan dan DED Taman media dalam kota Kuala Kurun dan untuk menyiapkan dokumen teknis perencanaan penyusunan master plan dan DED Taman kota Kuala Kurun.

(Baca Juga : Bupati Gumas Hadiri Kick Off Penandatanganan Kontrak Barang dan Jasa Tahun 2022)

“Ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Gunung Mas merupakan perwujudan dari pelaksanaan peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 05/PRT/M/2008 yang mensyaratkan penyediaan RTH publik min 20% dari luas wilayah kota,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan Kabupaten Gunung Mas, Yohanes Tuah.

Penataan Visual pada area kawasan jalan Kota Kuala Kurun mengacu pada pembentukan image koridor jalan kota. Penetapan visual pada kawasan ini meliputi penataan vegatasi, penataan sarana jalan dan point of interest dalam konteks pembentukan titik point sebagai landmark jalan.

Menurut Yohanes Tuah, sarana dan prasarana kawasan merupakan salah satu elemen yang memiliki fungsi memberikan RTH ini, sarana dan prasarana lebih cenderung direncanakan untuk pengguna pejalan kaki. Sedangkan pengendara kendaraan secara umum telah terfasilitasi dari sarana penataan lampu penerangan.

"Perlu kita ketahui juga perencanaan Master Plan Taman Kota Kuala Kurun dan pekerjaan Perencanaan Renovasi dan Penataan Kantor Bupati tahun Anggaran 2020, sudah direncanakan sejak lama oleh Bapak Bupati nanti pelaksanaannya direncanakan sepenggal – sepenggal dari dana CSR, ini sudah saya bicarakan dengan teman-teman konsultan dalam teknis pelaksanaannya ini menjadi ranah dari teman-teman Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas, dan nanti akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Yohanes juga menyebutkan bahwa, "Pelaksanaan pekerjaannya pada Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan Kabupaten Gunung Mas, tetapi hasil pekerjaan itu perlu kita ketahui bersama pertamanan dan PJU tahun 2021 akan kami serahkan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan cara administrasi penyusunan anggaran sudah dilakukan perdanya sudah mengamanatkan begitu," ucapnya.

Lanjut dikatakan, Yohanes Tuah ini akan mempermudah untuk mengkomunikasikan bagaimana pemenggalan-pemenggalan pembangunan media jalan dalam kota Kuala Kurun untuk dibagikan kepada pihak-pihak perusahaan yang diinginkan Bapak Bupati, membangun itu secara keseluruhan di Kota Kuala Kurun.

"Kalau dari keinginan Bapak Bupati, realisasi CSR ini di tahun anggaran 2020. Karena tidak memungkinkan mendahului kegiatan sebelum perencanaan selesai maka kita mempercepat proses-proses selesainya perencanaan ini bisa digunakan oleh teman-teman di Bappedalitbang bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk mempersiapkan pemenggalan-pemenggalan itu untuk dilaksanakan oleh seluruh PBS atau Perusahaan tambang ataupun perusahaan kehutanan nanti akan memberi kontribusi menata wajah kota Kuala Kurun ke depan," imbuhnya.

“Dalam penyusunan-penyusunan master plan dan DED ini kita akan ada lagi rapat final, ini masih yang pertama dari hasil rapat kita pada hari ini, diharapkan masukan saran pendapat baik rekan-rekan konsultan kita yang hadir, paparan terakhir akan disampaikan oleh Bupati dan Ibu Wakil Bupati Gunung Mas," tutupnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook