Jangan Abaikan Pemerataan Kualitas Pendidikan di Pinggiran

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 10 Juni 2019 07:47, Dibaca 169 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Belum meratanya kualitas pendidikan di wilayah pinggiran, masih menjadi pekerjaan rumah di Kota Palangka Raya.

“Banyak faktor yang menjadikan kualitas pendidikan kurang optimal merata diwilayah pinggiran,” ungkap Sekretaris Komisi C DPRD Palangka Raya, Rusdiansyah, Minggu (9/6/2019).

(Baca Juga : Bupati Barito Utara Tinjau Infrastruktur Jalan Lahei-Luwe)

Lebih lanjut Uwah begitu sapaan akrab Rusdiansyah mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan (Disdik) jangan sampai mengabaikan upaya mengatasi masalah pendidikan di daerah pinggiran.

“Seperti mengevaluasi kembali mengenai pemindahan guru dari daerah pinggiran pindah tugas ke perkotaan,” ujarnya.

Selain persoalan jumlah guru, maka kata Uwah, hingga saat ini sarana dan prasarana di sekolah pinggiran banyak yang belum memadai. Termasuk di dalamnya keterbatasan kualifikasi tenaga pendidik.

“Disdik Kota Palangka Raya harus menyelaraskan data pokok pendidikan (Dapodik) dengan kondisi di lapangan. Disdik harus bisa mengatasi berbagai permasalahan itu,” tukasnya lagi.

Selain meminta untuk peningkatan kualitas, pemko kata Uwah, juga harus memperhatikan kesejahteraan tenaga pendidik yang berada diwilayah pinggiran, terutama mereka yang memperjuangkan pemerataan kualitas pendidikan diwilayah pinggiran.

“Banyak juga tenaga guru yang memperjuangkan kualitas pendidikan diwilayah pinggiran, namun perhatian pemerintah kurang terlihat. Ini juga jangan sampai terabaikan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook