Kesiapsiagaan Hadapi Banjir Masyarakat Sekitaran Bantaran Sungai Sabangau

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 28 November 2020 16:36, Dibaca 116 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Menghadapi musim hujan yang puncaknya akan terjadi pada Bulan Oktober sampai Desember tahun 2020, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah, melalui Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) melakukan pemantauan ke beberapa Kelurahan di Wilayah Kota Palangka Raya,  ke Kelurahan Tanjung Pinang, Kelurahan Sebangau, Kelurahan Menteng, Kelurahan Kereng Bangkirai, Kelurahan Pahandut Seberang, Kelurahan Bukit Tunggal, Kelurahan Pahandut, Kelurahan Pahandut Seberang, dan Kelurahan Petuk Katimpun. Pemantauan dimaksud  untuk melakukan iventarisir daerah-daerah yang rawan menglami kejadian, baik itu berupa kebakaran hutan dan Lahan, tanah longsor, angin puting beliung dan banjir.

Sebagai upaya pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadi bencana, pencegahan dan kesiapsiagaan dilakukan sebagai upaya dini untuk meningkatkan agar masyarakat mampu menghadapi suatu situasi bencana secara cepat dan tepat serta langkah-langkah menghadapi kejadian yang tidak diharapkan.

(Baca Juga : Tim Pengembang Inovasi PJJ SMA Negeri 1 Palangka Raya Laksanakan Workshop )

Menurut Ketua RT. 04/RW. 03 Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya, Igen, pada musim hujan daerah yang rawan mengalami banjir adalah masyarakat yang bermukim sekitaran bantaran Sungai Sabangau (Taman Wisata Susur Sungai Sabangau). "Pada umumnya banjir yang terjadi akibat debit hujan dan curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan air meluap dan mengakibatkan banjir merendami rumah-rumah panggung warga, rata-rata dengan ketinggian air setinggi lutut orang dewasa,” ucapnya kepada Tim Informasi dan Publikasi, Jum`at (27/11/2020).

“Pada saatnya nanti, apabila terjadinya banjir yang warga kami alami, kami sangat mengharapkan uluran tangan dari pemerintah agar dapat memberikan bantuan kepada warga kami selain bantuan berupa bahan pokok makan, obat-obatan, selimut dan pakaian, kami sangat mengharapkan bantuan berupa Kayu Papan dan Kayu Balok ukuran 5x5cm untuk kami pergunakan membuat (“Katil=sejenis meja”) agar kami masih tetap bisa beraktivitas di rumah kami masing-masing dan jika untuk Paku bisa kami swadaya saling bergotong-royong dengan masyarakat," imbuhnya. (Pky.28/11/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook