Siswa Mankoraya Raih Juara 3 KSMO Nasional

Kontribusi dari Rikah Mustika, 20 November 2020 13:32, Dibaca 114 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Muhammad Qalby dan Fauzan Fikri torehkan prestasi sebagai juara 3 nasional pada ajang Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO), Kamis (19/11/2020). Muhammad Qalby siswa kelas XII Mipa 5 yang ikut pada bidang Kimia kaget setelah melihat pengumuman tadi malam yang menempatkan dirinya pada urutan ke-3 nasional dengan nilai 84,46.

Dirinya mengungkapkan, “Yaah soalnya semalam kan tingkat nasional, jadi kaya itu pang soalnya ada bebahasa Inggris lawan Bahasa Arab… sulit pastinya (soal yang diujikan adalah tingkat nasional, ada yang berbahasa Inggris dan ada yang berbahasa Arab, pastinya sulit),” ujar Qalby kepada Humas Mankoraya.

(Baca Juga : RSJ Kalawa Atei Laksanakan Kegiatan Home Visit Untuk Kunjungi Pasien ODGJ di Kabupaten Barito Selatan)

Bahkan menurut Qalby, ada 9 buah soal yang sama dengan soal tahun kemarin, lalu ada juga dirinya ragu-ragu dalam menjawab soal. “Karena setiap jawaban peserta yang benar akan diberi skor 2, sedangkan jika salah akan diberi skor -1,” ujar Qalbi.

Sehingga dirinya tidak berani mengambil resiko untuk menjawab pertanyaan yang ia tidak tahu jawabannya. Sementara Fauzan Fikri yang ikut pada mata pelajaran Biologi mengaku bahwa soalnya juga sulit.

Namun ia punya cara tersendiri, yaitu dengan mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Ia juga mengakui, “Kelemahan kami pada soal yang berbahasa asing, namun semua itu saya serahkan saja kepada Allah SWT, dan alhamdulillah saya berhasil mendapat peringkat 3 nasional,” ujar Fauzan.

Dari utusan MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya), yang ikut KSMO adalah Muhammad Qalby (Kimia), Fauzan Fikri (Biologi), M. Rizki Akbar (Matematika), Jeny Padiah (Fisika), Gayska Vetotama (Ekonomi) dan Ariani Safitri (Geografi). Dari keenam peserta KSMO tersebut Gayska Vetotama dan Ariani Safitri hanya cukup puas pada peringkat 1 tingkat provinsi saja.

Pelaksanaan KSMO ini dilaksanakan secara daring, yaitu dari tanggal 9 – 11 November 2020 dan baru diumumkan hasilnya tadi malam, 19 November 2020. Berbagai apresiasi disampaikan oleh tenaga pendidik dan kependidikan, terutama dari Kepala Mankoraya H. Ahd Fauzi.

Ia mengucapkan selamat kepada tim KSMO yang sudah berjuang dan mengharumkan nama madrasah dan provinsi. Begitu juga apresiasi kepada guru pembimbing pun tak lupa mereka sampaikan melalui ucapan di grup whatsapp, semoga dengan adanya KSMO ini mampu mengangkat nama Mankoraya di tingkat nasional, pungkas guru-guru. (Asdi)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook