Asesmen Guru dan Kepala Madrasah Petakan Kompetensi dan Pengembangan Karir

Kontribusi dari Rikah Mustika, 20 November 2020 12:12, Dibaca 52 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) di MAN Kota Palangka Raya (Mankoraya), Kamis (19/11/2020) berjalan dengan tertib dan lancar. Hal itu terlihat di layar monitor peserta, bahwa semua soal dan pilihan jawaban bisa dibaca dan terlihat jelas oleh peserta. Begitu juga hasil jawaban dari peserta semuanya sudah terkirim pada layar proktor.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya Achmad Farichin melalui Kasubbag Tata Usaha Muhammad Irsani mengatakan bahwa asesmen bagi guru, kepala dan pengawas ini adalah sebagai upaya dari Kementerian Agama RI melalui Dirjen Pendidikan Islam guna meningkatkan kompetensi dan sekaligus sebagai pemetaan kompetensi. Sementara, Kepala Mankoraya H. Ahd Fauzi mengatakan pelaksanaan AKG, AKK dan AKP di Mankoraya sudah mengikuti syarat protokol kesehatan dan sudah mendapat ijin dari tim gugus covid Kota Palangka Raya.

(Baca Juga : Guru dan Siswa Mankoraya Dapat Penghargaan Dari Bupati Kukar)

“Semua peserta asesmen disuruh mencuci tangan dan menggunakan masker ketika asesmen berlangsung," kata H. Ahd Fauzi.

“Jarak duduk peserta pun sudah kita atur dengan jarak 1 meter," ujarnya.

Pelaksanaan asesmen bagi guru, kepala madrasah dan pengawas di Mankoraya diikuti 61 orang peserta yang terdiri dari 7 orang kepala madrasah dan 54 orang guru mata pelajaran. Semuanya berjalan dengan tertib dan lancar.

Menurut pengakuan dari salah satu peserta Jhon Sarip (mapel B. Inggris), soal yang ditampilkan sudah jelas, hanya saja untuk soal yang terdapat percakapan di dalamnya terpisah dari pertanyaannya. "Sehingga kami harus mencari percakapan tersebut pada nomor soal lain," ucapnya.

Sementara itu, Hj. Lilis Alice mengatakan bahwa dirinya adalah spesialis guru mapel sejarah namun pada pelaksanaan asesmen ternyata ia mengerjakan mapel ekonomi, sehingga dirinya mengalami kesulitan dalam menjawab soal ekonomi. Pelaksanaan AKG, AKK dan AKP di Kota Palangka Raya ini diikuti 345 peserta dan dilaksanakan di tiga tempat yaitu MAN Kota Palangka Raya, MTsN 1 dan MTsN 2. Materi yang diujikan untuk guru meliputi kemampuan paedagogik, sains, literasi dan numerasi. Sedangkan untuk kepala madrasah, materi yang diujikan adalah terkait kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervise dan social. (Asdi)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook