Tim Karhutla Lakukan Pemadaman Lahan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 05 Agustus 2020 21:32, Dibaca 268 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah H. Darliansjah sekaligus Wakil Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, membenarkan bahwa, “Saat ini sudah mulai terlihat adanya aktivitas masyarakat membersihkan lahannya dengan cara membakar”.

Salah satunya terlihat dari adanya laporan dari Tim Patroli Darat, yang sedang melaksanakan kegiatan Patroli Pencegahan Karhutla ke Posko induk Satgas PDB tentang adanya titik api di lahan yang terbakar. Asap mengepul tersebut berasal dari titik api yang membakar tumpukan gambut dan pakis di lahan yang telah dibersihkan warga, dengan perkiraan luasan tanah 40 x 80 m dan luas lahan terbakar 6 x 20m.

(Baca Juga : Tim Pengembang Inovasi PJJ SMA Negeri 1 Palangka Raya Laksanakan Workshop )


Melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan sekaligus Kepala Bidang Perencanaan dalam Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan, Kibue  mengatakan, “Tim Darat segera bergerak menuju lokasi lahan yang terbakar untuk melakukan pemadaman dan pembasahan di Jalan Mahir Mahar Lingkar Luar, Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya,” ucapnya, Selasa (4/8/2020).

Saat dihubungi Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) melalui Koordinator Satgas Pemadaman Darat, Triwinbert Y.Embang mengatakan, "Pada sesi pemadaman lahan tersebut, Tim Pemadaman Darat yang selalu Stand By bersiaga menunggu laporan Tim Patroli, jika ada informasi kebakaran dari Tim Patroli maka Tim pemadam segera bergerak untuk  melakukan pemadaman di lahan yang terbakar tersebut dengan membawa Alat Pelindung Diri (APD) perlengkapan dan peralatan Pemadaman lengkap dan setelah  dilakukan pemadaman serta dipastikan lahan telah berhasil padam, Tim Pemadaman Darat kembali bersiaga di Posko,” ucapnya. (Pky.2/8/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook