Astana Mangkubumi Jadi Salah Satu Obyek Kunjungan Peserta Rally Wonderful Sail To Indonesia 2018

Kontribusi dari Widianatalia, 08 Oktober 2018 15:09, Dibaca 560 kali.


MMCKalteng – Astana Mangkubumi merupakan salah satu obyek wisata yang dikunjungi oleh peserta Rally Wonderful Sail To Indonesia 2018. Kedatangan peserta disambut dengan Upacara penyambutan Tampung Tawar dan ucapan selamat datang dari anggota keluarga Pangeran Adipati Mangkubumi (8/10).

Astana Mangkubumi merupakan bangunan tipe panggung dengan struktur pendukung utama dari bahan kayu, baik dinding maupun lantai dari papan kayu serta penutup atap dari sirap kayu. Selain itu, tidak jauh jaraknya dari Astana Mangkubumi, terdapat peninggalan berupa tempat pemandian yang konon digunakan anak dan keluarga Pangeran Adipati Mangkubumi. Rumah dan pemandian tersebut memiliki nilai sejarah yang masuk sebagai salah satu cagar Budaya di Kabupaten Kotawaringin Barat.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Hadiri Penutupan Bulan Inklusi Keuangan Prov. Kalteng Tahun 2020)

Peserta Rally dipersilahkan masuk dan menikmati makan siang secara prasmanan. Makanan dan minuman yang disuguhi merupakan khas Kotawaringin Barat. Selanjutnya, peserta berkeliling melihat sekitar Astana Mangkubumi didampingi pemandu wisata untuk memberikan penjelasan mengenai sejarah dan arsitektur Astana Mangkubumi.

Rangkaian acara dilanjutkan kembali dengan melihat kolam Pemandian Tujuh Putri yang berada disekitar kawasan Astana Mangkubumi. (Foto:Asep)

 

 

 

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook