Integrasi Aplikasi Pemerintah Daerah Selama 3 Tahun Pemerintahan Sugianto-Habib

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 25 Mei 2019 11:19, Dibaca 763 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Masalah pembangunan sistem aplikasi pemerintah sektoral yang masih parsial sejak 2017 juga mulai ditata, diawali dengan pembuatan master plan e-government yaitu penyusunan blueprint kerangka pengembangan berbagai aspek e-government (infrastruktur, aplikasi, sdm dan tata kelola e-government).

“Master Plan ini sebagai pedoman bagi perencanaan program dan kegiatan pengembangan e-government di Provinsi Kalimantan Tengah, diharapkan dapat terealisasi secara sistematis, fokus dan berkelanjutan” Jelas Herson B. Aden, Kadis Kominfo Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Vaksin Covid-19 Periode Pertama Tiba di Prov. Kalteng)

Pengintegrasian sistem informasi merupakan salah satu konsep kunci dari sistem Informasi Manajemen. Berbagi sistem dapat saling berhubungan satu dengan yang lain dengan berbagai cara yang sesuai dengan keperluannya.

Selain tataran konsep dengan pembuatan Master Plan e-government, Dinas Kominfo melakukan pendekatan kebijakan dengan membuat Surat Edaran Sekda Tentang Mekanisme Pemintaan Sub Domain kalteng.go.id untuk website pemerintah Nomor 047/920/diskominfo tgl. 21 agustus 2017, untuk penertiban penamaan website pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah agar tetap pada domain induk yaitu kalteng.go.id.


Selanjutnya membuat Instruksi Gubernur  Kalteng, tentang sistem informasi e-government terpusat pada data center provinsi kalimantan tengah, nomor 188.5/695/diskominfo, tgl. 26 september 2018. kedua kebijakan ini diharapkan mempercepat proses integrasi sistem informasi pemerintah daerah.

lima aplikasi di Data Center saat ini sudah operasional dan terus dikembangkan, SIM Pusat Informasi Spasial Daerah (PISDA), Sistem Dashboard dan Ringkasan Informasi, SIM Portal dan Kalteng Mobile, SIM PPID, SIM Kalteng Multimedia Warehouse Storage dan Kalteng SMS Gateway, sedangkan tiga aplikasi lain dalam proses, SIM SPPD, Sistem Informasi UMKM, dan Sistem Informasi Pariwisata.

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook