Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Hadiri Puncak Acara Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020

Kontribusi dari Widia Natalia, 28 Oktober 2020 12:32, Dibaca 121 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Hamka mewakili Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menghadiri  Puncak Acara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92 Tahun 2020 secara virtual melalui video conference dari Gedung Smart Province (GSP) Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng, Rabu (28/10/2020). Turut  hadir mendampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda  Prov. Kalteng yakni Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Prov. Kalteng Falery Tuwan.

Puncak acara HSP ke-92 dihadiri secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo yang sekaligus melakukan Peresmian TVRI Stasiun Papua Barat serta Penandatangan Prasasti. Kegiatan ini dipusatkan di Auditorium TVRI, Jakarta Pusat dan disiarkan secara live dari Papua Barat.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Pimpin Deklarasi Gerakan Percepatan, Cegah, dan Tanggulangi Stunting )

Prosesi puncak acara HSP dimulai dengan pemutaran video feature kisah inspiratif pemuda berprestasi, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Acara dilanjutkan dengan pembacaan Teks Sumpah Pemuda.

Dalam kesempatan tersebut juga diisi dengan penyampaian Laporan oleh Direktur Utama LPP TVRI dan penyampaian Sambutan oleh Gubernur Papua Barat. Acara dilanjutkan dengan penyampaian Laporan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI tentang Pelaksanaan Peringatan HSP ke-92, serta laporan kepada Presiden RI terkait Pemberian Penghargaan Kepemudaan. Kegiatan ini juga diisi dengan penayangan Filter HSP ke-92 Tahun 2020.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya sekaligus menyampaikan arahannya pada Peringatan HSP ke-92 mengatakan Persatuan harus terus diperjuangkan dengan menghargai perbedaan, menjaga toleransi serta menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Untuk mewujudkan Indonesia yang satu kita juga harus bekerjasama membangun Indonesia, secara adil dan merata.

Rangkaian  acara  puncak diakhiri dengan pembacaan  Doa dan Penayangan Lagu Satu  Nusa Satu Bangsa. Setiap tanggal  28 Oktober, diperingati dengan  HSP. Sumpah Pemuda yang dicetuskan  pada 28 Oktober 1928, mempunyai makna yang mendalam  bagi sejarah bangsa Indonesia.

Kongres Pemuda II menjadi pemicu lahirnya Sumpah Pemuda. Momentum Sumpah Pemuda menjadi salah satu titik balik perjalanan bangsa Indonesia menuju Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda kedua yang diselenggarakan selama dua hari yakni tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan  ini menegaskan cita-cita akan ada Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia dan bahasa Indonesia. Keputusan ini juga diharapkan  menjadi asas bagi setiap Perkumpulan Kebangsaan Indonesia dan agar disiarkan dalam berbagai surat  kabar dan dibacakan di muka rapat  perkumpulan-perkumpulan.(WDY/Foto:Ari)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook