Plt. Gubernur Kalteng Bersama Unsur Forkopimda Hadiri Pelaksanaan Bakti Kesehatan di Muara Teweh Kab. Barito Utara

Kontribusi dari Widia Natalia, 01 Oktober 2020 19:29, Dibaca 377 kali.


MMCKalteng – Barito Utara - Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail bin Yahya bersama Unsur Forkopimda Provinsi (Prov) Kalteng melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Barito Utara. Kunker tersebut  dalam rangka menghadiri Pelaksanaan Bakti Kesehatan yang diselenggarakan atas Kerjasama antara Pemerintah Prov. Kalteng, Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng, Komando Resor Militer 102 Panju Panjung (Korem 102/PJG), Kejaksaan Tinggi Kalteng, Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalteng serta Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara.

Kegiatan ini digelar di Pasar Pendopo, Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kamis (01/10/2020). Bakti Kesehatan diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Rapid Test Massal, pembagian masker serta pengobatan gratis bagi masyarakat Kabupaten Barito Utara.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Buka Seminar Nasional Penanggulangan Kahutla dan Bencana Asap)

Kedatangan Plt. Gubernur Kalteng bersama rombongan disambut langsung oleh Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didampingi unsur Forkopimda Kabupaten Barito Utara.

Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya menyampaikan bahwa Kabupaten Barito Utara untuk kasus Covid-19 terkonfirmasi terjadi peningkatan jumlah kasus data pertanggal 30 September 2020, tercatat 289 orang kasus terkonfirmasi, 6 orang suspek dan probable 12 orang, sembuh 205 orang dan meninggal 12 orang. Upaya yang telah dilakukan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Barito Utara, salah satunya dengan melakukan perluasan Rumah sakit perawatan pasien Covid-19 dengan membangun 50 kamar perawatan.

Habib Ismail bin Yahya mengharapkan pelaksanaan Bakti Kesehatan Rapid Test massal tersebut dapat berjalan dengan lancar , agar angka penyebaran Covid-19 di Barito Utara dapat ditekan.   Plt. Gubernur Kalteng juga menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir mengikuti Bakti Kesehatan agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.  

Alat Rapid Test yang digunakan dalam Bakti Kesehatan yakni dari Pemerintah Prov. Kalteng berjumlah 800 dan dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara berjumlah 1.000. Total keseluruhan alat Rapid Test yang digunakan dalam Bakti Kesehatan berjumlah 1.800.

Rangkaian Bakti Kesehatan, diisi dengan penyerahan bantuan berupa masker dari Pemerintah Prov. Kalteng dan Unsur Forkopimda Prov. Kalteng.  Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya menyerahkan masker kain dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng sebanyak 5.000 Lembar dan diterima secara simbolis oleh Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, yang selanjutkan akan disalurkan untuk masyarakat Kabupaten Barito Utara. Penyerahan bantuan masker juga dilakukan oleh masing-masing Unsur Forkopimda Prov. Kalteng diantaranya Kapolda Kalteng, Danrem 102/PJG, Kepala Kejalsaan Tinggi Kalteng dan Kabinda Kalteng.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Barito Utara menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Prov. Kalteng dan Unsur Forkopimda Prov. Kalteng yang telah menyalurkan bantuan serta bekerjasama untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Barito Utara.


Turut Hadir Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedy Prasetyo, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng Mukri, Kabinda Kalteng Brigjen Pol M. Slamet Urip Widodo serta beberapa Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Ega).

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook