Gubernur Kalteng Lakukan Launching Kredit Program Melawan Rentenir UMKM Berkah dan Penyerahan Bantuan Stimulan Ekonomi Dana Insentif

Kontribusi dari Widia Natalia, 23 September 2020 12:19, Dibaca 574 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran lakukan  Launching Kredit Program Melawan Rentenir UMKM Berkah dan Penyerahan Bantuan Stimulan Ekonomi Dana Insentif bertempat di Aula Jayang Tingang Lt. II Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (23/09/2020). Acara berlangsung secara virtual melalui video conference diikuti oleh Bupati  dan  Direktur PT. Bank Kalteng Se-Kalteng.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia (RI) Teten Masduki dalam arahannya yang disampaikan secara virtual mengatakan dalam Pandemi Covid-19 ini UMKM sangat terdampak.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Fahrizal Fitri : Penjabat Sekda Harus Dapat Memastikan Program-Program Prioritas Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Agar Dapat Berjalan Sesuai Dengan Perencanaan)

“Paling tidak kita bisa mengurangi pengangguran, Pemerintah Pusat fokus mencari solusi kepada pelaku usaha”, ungkap Teten Masduki.

Teten Masduki juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang sudah melakukan langkah-langkah diantaranya memberikan bantuan kepada pelaku usaha.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng bersinergi dengan PT. Bank Kalteng melaksanakan program UMKM Berkah dalam rangka membantu pelaku UMKM agar tidak terjerat pinjaman dengan bunga tinggi dari rentenir. Dalam tahap awal program UMKM Berkah akan disalurkan bantuan langsung UMKM Berkah kepada 2.171 pelaku UMKM dan kredit melawan rentenir UMKM Berkah kepada 294 Debitur UMKM.

CSR Bank Kalteng  dalam rangka mendukung program UMKM Berkah sebesar Rp. 10.000.000.000,-. masing-masing pelaku UMKM dan Debitur UMKM menerima Bantuan Langsung sebesar Rp. 500.000,-


Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kalteng juga melakukan  penyerahan stimulan ekonomi Dana Insentif Daerah (DID) bagi UMKM Terdampak Covid-19 senilai Rp. 3.350.000.000,-. Masing-masing per UMKM menerima stimulan ekonomi DID sebesar Rp. 1.000.000,-.

Tak hanya sampai disitu, dalam rangka meningkatkan dan mengotimalisasikan alokasi keuangan pada tingkat pelajar Pemprov. Kalteng bersinergi dengan PT. Bank Kalteng melakukan Launching program Kejar Kalteng Berkah yakni pembukaan 20.000 rekening untuk 1 rekening 1 pelajar di seluruh Kalteng.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran  menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah, pelaku UMKM, Kepala Sekolah, dan perwakilan pelajar.

Tampak hadir Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Direktur Bank Kalteng Yayah Diasmono serta Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook