Penyaluran Bansos Untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Dua Kecamatan Terisolir

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 21 September 2020 21:10, Dibaca 122 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah telah menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir dengan Surat Keputusan Nomor 188.44/468/2020 tanggal 11 September 2020, Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir dikarenakan terjadinya banjir yang melanda di beberapa Desa dan Kecamatan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Banjir yang terjadi di Kalimantan Tengah melanda Desa dan Kecamatan di Kabupaten Lamandau, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Gunung Mas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Seruyan, sampai saat ini terdapat 2 Kecamatan yang tidak dapat diakses melalui jalur darat dan sungai yaitu Kecamatan Seruyan Hulu dan Kecamatan Suling Tambun sehingga terjadi kelangkaan Pangan, Gas dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah hari ini Senin (21/9/2020) menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Suling Tambun dan Kecamatan Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan sebanyak 1.241 paket untuk 1.241 KK dengan menggunakan Helikopter dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak dua heli. Masing-masing heli mengangkut paket Bansos ke Kecamatan Suling Tambun dan Kecamatan Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan dan selanjutnya akan dilanjutkan pada Selasa (22/9/2020).

(Baca Juga : Gerak Tanam Padi Perdana di Kawasan Food Estate Kabupaten Pulang Pisau Bersama Menteri Pertanian)


Bantuan tersebut diserahkan secara langsung ke pihak Desa di Kecamatan Suling Tambun dan Kecamatan Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan, didampingi dari perwakilan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah dan dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah dengan disaksikan oleh masyarakat, BPBD Kabupaten Seruyan, Dinsos dan Disnakertrans Kabupaten Seruyan, Kapolsek Tumbang Manjul, Babinsa Koramil 1015-18 Seruyan, Satpol.PP Kabupaten Seruyan,  Aparat Desa dan Kecamatan Tumbang Manjul. Serda Rahmadani Babinsa Koramil Tumbang Manjul mengatakan, "Banjir yang melanda Kecamatan Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan, upaya yang dilakukan bersama pihak Desa adalah melakukan evakuasi warga masyarakat yang terdampak banjir untuk mengungsi ke tenda pengungsian yang berada di depan Kantor Kecamatan, menggunakan Aula Desa dan juga Ruang Kelas SMP-1 Seruyan Hulu,” ucapnya kepada Tim Publikasi dan Informasi.

“Evakuasi warga masyarakat terdampak banjir dilakukan bersama tim gabungan ada dari BPBD, TNI, Polri, Satpol.PP dan relawan dari masyarakat sekitar. Tim gabungan tersebut melakukan evakuasi warga masyarakat dan juga mendirikan dapur umum dan melakukan pemeriksaan kesehatan,” tuturnya.


Dalam kesempatan yang sama Gundri Staf Desa Seruyan Hulu mengatakan, ”Selama Desa Seruyan Hulu dilanda banjir dan terisolir, ada dari pihak PT. Erna Djuliawati  membagikan berupa paket sembako kepada 12 Desa yang terdampak dan juga dari Dinsos dan Disnakertrans Kabupaten Seruyan," ucapnya. (Pky.20/9/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook