Kebakaran Lahan di Jalan Cilik Riwut Km.5 Belakang Gedung Olahraga (GOR)

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 20 September 2020 22:25, Dibaca 101 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Pencegahan kebakaran hutan dan lahan terus diupayakan, termasuk dengan melakukan pemadaman dini. Kegiatan pemadaman yang dilakukan oleh tim gabungan adalah upaya tindakan awal pencegahan agar api tidak menyebar dan meluas.

Seperti yang telah terjadi kebakaran lahan di Jalan Cilik Riwut Km.5 belakang Gedung Olahraga (GOR). Lahan yang terbakar diperkirakan berukuran ±0,5ha merupakan milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang sengaja dibersihkan dengan cara dibakar oleh penjaga GOR.

(Baca Juga : Bimbingan Teknis Pengoperasian dan Pemeliharaan Alsintan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 Bagi Operator Mesin Bantuan Alsintan)

Informasi kebakaran lahan tersebut disampaikan oleh Riduan Noor salah seorang Anggota Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, setelah diidentifikasi terlebih dahulu jenis kebakaran lahan atau hanya sekedar pembakaran sampah. Tim Gabungan dari BPBPK Provinsi dan Dinas Kehutanan Provinsi yang standby di Posko Induk selanjutnya melakukan pemadaman ke lokasi.  

Menurut Yanto, ”Setelah lahan ini bersih, akan saya tanam sayur-mayur, buah Semangka dan Nanas,” ucapnya kepada Tim Publikasi dan Informasi, Minggu (20/9/2020) sambil menunjukkan bakal bibit Nanas yang sudah disiap untuk ditanam.


“Dengan memiliki kebun sendiri, saya tidak perlu lagi membeli sayur-mayur dan buah di pasar. Saya hanya memetik dari kebun sendiri,” tuturnya.

Saat ditanya oleh Tim Publikasi dan Informasi, mengenai adanya larangan pemerintah membakar hutan dan lahan. Yanto, pemuda asal kelahiran Kuala Kuayan Kabupaten Kotawaringin Timur 36 tahun lalu ini, mengaku tidak mengetahui sama sekali baik melalui akun media Sosial, Spanduk dan Media Cetak dan Elektronik.

Saat disinggung informasi mengenai  pembagian Bantuan Tunai Langsung (BLT) terdampak Covid-19, Yanto mengatakan, ”Tidak ada mendapatkan bantuan tersebut,” ucapnya.

Dia hanya mengetahui informasi pembagian BLT tersebut lewat berita Televisi yang ia tonton. (Pky.20/9/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook