Jelang Idul Adha, Satgas Pangan Tinjau GPM Milik Pasar Mitra Tani dan Rumah Potong Hewan

Kontribusi dari DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, 29 Juli 2020 10:00, Dibaca 277 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Menjelang Idul Adha 1441 H, tim Satgas Pangan Provinsi Kalimantan Tengah melakukan pemantauan ketersediaan bahan pangan pokok dengan mengunjungi Gelar Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah di Kelurahan  Kalampangan Kota Palangka Raya serta sidak ke kandang ayam ras di Karanggan, Rabu (29/7/2020). Kegiatan pemantauan oleh tim Satgas Pangan kali ini sengaja dilakukan terkait kesiapan dalam rangka Hari Raya Kurban pada 31 Juli yang akan datang.

Kunjungan kali ini dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi bapak Yuas Elko, didampingi oleh POLDA Kalteng, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Bulog, Dinas TPHP, Dinas Perdagangan, BPS, Bank Indonesia dan Biro Perekonomian SETDA Provinsi Kalteng. Di sela-sela kegiatan peninjauan GPM di depan kantor Lurah Kalampangan, Lilis Suriani, Plt.Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng menjelaskan bahwa  kegiatan GMP ini merupakan rangkaian pelaksanaan dalam rangka kesiapan Idul Adha 1441 H untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok, GPM ini dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut sejak tanggal 27 s.d 30 Juli 2020. Pelaksanaannya bergiliran di 4 lokasi sekitar Kota Palangka Raya, yaitu di Tangkiling, Petuk Katimpun, Kalampangan dan di Jl. Kecipir.

(Baca Juga : Cegah Penularan Covid-19, ASN Wajib Taat Protokol Kesehatan )


Menurutnya, Gelar Pangan Murah ini merupakan salah satu kegiatan yang telah diprogramkan setiap menjelang HBKN, tujuannya untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan  pangan pokok dengan harga yang terjangkau karena lebih murah dari harga pasar, serta sasarannya terutama di wilayah-wilayah yang rawan pangan atau jauh dari akses pasar. Adapun harga bahan pangan pokok yang disediakan dalam GPM kali ini meliputi, beras Rp 44.000/5 kg; Gula pasir Rp 12.300/kg; minyak goreng Rp 11.500/ltr; telur Rp 25.500/kg; bawang merah Rp 30.000/kg; bawang putih Rp 18.000/kg; cabe merah Rp 35.000/kg; cabe rawit Rp 30.000/kg; ayam ras Rp 30.000/kg dan daging sapi Rp 125.000/kg.

Selanjutnya di luar jadwal GPM ini, masyarakat dipersilahkan berbelanja bahan pangan pokok di Pasar Mitra Tani (PMT) yang beralamat di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Jl. Willem AS No. 09, Palangka Raya buka setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 08.00 – 15.30 Wib. Namun jika tidak ingin mengurangi kontak belanja langsung bisa menggunakan jasa kurir dengan menggunakan aplikasi di nomor WhatsApp 0822 5202 3603. Ke depan Pasar Mitra Tani Prov Kalteng akan menjalin kerja sama dengan armada expedisi local dengan menggratiskan/diskon ongkos pengiriman sehingga harga bapok akan jauh lebih terjangkau.

Dikatakannya kembali, ketersediaan stok pangan menjelang perayaan Idul Adha di 2020 ini, masih sangat aman hingga tiga bulan ke depan. Oleh sebab itu, di tengah pandemi COVID-19 operasi pangan murah tetap menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai bentuk upaya dalam memastikan ketersediaan kebutuhan masyarakat sehari-harinya.


Selain itu, tim Satgas Pangan juga telah melakukan peninjauan ke Rumah Potong Hewan (RPH) di Kelurahan Kalampangan Palangka Raya yang dilaksanakan pada Selasa (28/7/2020) pukul 21.00 Wib, sengaja dilaksanakan pada malam hari untuk memastikan  secara langsung kesiapan pemotongan hewan kurban. Dari pantauan saat itu telah dipastikan segala hal telah disiapkan mulai dari kesehatan hewan sampai stok sapi kurban yang cukup tersedia sesuai kebutuhan. (Totok Prihananto / Foto: Totok Prihananto)

DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook