Waspada Pembersihan Lahan di Akhir Pekan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 19 September 2020 15:02, Dibaca 104 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Tim yang tergabung dalam Satgas PDB Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, melaksanakan dukungan patroli di wilayah Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Katingan berupa kegiatan patroli, sosialisasi dan pemadaman darat. Tim Patroli yang bertugas terdiri atas tiga regu, dimana anggotanya merupakan tim gabungan dari BPBPK Provinsi, Dishut Provinsi, Pol PP Provinsi, TNI, Polri, Manggala Agni, TSAK Bukit Tunggal dan Forum PRB.

Regu tim satu melakukan dukungan patroli ke wilayah Kahayan Sebrang, Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau. Regu tim dua melakukan dukungan patroli ke wilayah Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, sedangkan untuk regu tim tiga melakukan dukungan patroli ke Jalan Tjilik Riwut, Petuk Ketimpun, Lingkar Luar dan Jalan Ir. Soekarno.

(Baca Juga : Asesmen Guru dan Kepala Madrasah Petakan Kompetensi dan Pengembangan Karir)

Sebelum kegiatan aktivitas patroli, semua regu tim yang melaksanakan tugas dibriefing terlebih dahulu, yang di dalamnya disampaikan informasi-informasi perkiraan cuaca, informasi terkini di lapangan, serta persiapan peralatan dukung patroli dan alat bantu pemadaman dini, yang dipersiapkan sebagai langkah-langkah awal pemadaman apabila ditemui kondisi darurat. Tim patroli juga bertugas melakukan kegiatan berupa sosialisasi dan edukasi larangan pembakaran hutan dan lahan kepada masyarakat, dengan harapan warga masyarakat mengetahui bahaya dan sanksi yang diberikan jika terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan.


Melalui sosialisasi dan edukasi larangan membuka lahan dengan cara dibakar, diharapkan dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan baik pada musim kemarau maupun bukan pada saat musim kemarau. Kepada warga masyarakat dihimbau untuk menumbuhkan kepedulian terhadap alam dan lingkungan.

Pada akhir pekan, khususnya pada hari Sabtu dan Minggu, umumnya sebagian warga masyarakat para pemilik lahan memanfaatkan waktu luang tersebut untuk melakukan aktivitas pembersihan. Kekhawatiran tersebut dikarenakan pada akhir pekan, banyak bermunculan titik-titik hotspot baru jika dibandingkan pada hari-hari biasa.


Kegiatan pembersihan lahan bagi sebagian masyarakat pada umumnya, langsung dilanjutkan dengan cara dibakar, tanpa memperdulikan akibat dampak buruk yang dapat saja menimbulkan kerusakan alam bahkan memperburuk kualitas udara yang tentunya sangat berpengaruh pada kesehatan masyarakat yang terdampak. Wakil Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 H. Darliansjah melalui Satgas Pemadaman Darat Triwinbert Y.Embang mengatakan, “Kepada regu tim yang bertugas di lapangan, agar mengutamakan safety dan juga tetap mengutamakan protokol Covid-19, serta mensosialisasikan mengenai pencegahan Covid-19 dengan memberikan masker kepada warga masyarakat yang ditemui di lapangan,” ucapnya, Sabtu (19/9/2020). (Pky.19/9/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook