Kesiapsiagaan Kabupaten dan Kota Hadapi Banyaknya Titik Hotspot

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 25 Juli 2021 13:04, Dibaca 160 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pantauan titik hotspot (HS) di wilayah Kalimantan Tengah pada Sabtu (24/7/2021) pukul 00.00 - 18.00 WIB terpantau ada 23 titik. Setiap tahun menjelang musim kemarau sebagain wilayah Kabupaten dan Kota Provinsi Kalimantan Tengah terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Pantauan titik HS tersebut terpantau berada di Katingan 1 titik, Kota Palangka Raya 1 titik, Kotawaringin Barat 1 titik, Kotawaringin Timur 2 titik, Lamandau 3 titik, Pulang Pisau 1 titik, Seruyan 1 titik dan Sukamara 3 titik,“ kata Plt. Kalaksa BPBPK Prov. Kalteng, Erlin Hardi, Minggu (25/7/2021). 

(Baca Juga : Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021)

“Titik-titik HS tersebut dengan tingkat kepercayaan berada pada level medium  ≤ 79%, dan Kabupaten Lamandau dengan tingkat kepercayaan berada pada level High medium  ≥ 80%,“ sambungnya. 

Selanjutnya dikatakan, kebakaran hutan dan lahan yang hampir setiap tahun terjadi ini perlu disikapi secara serius oleh pemerintah daerah dengan melakukan pencegahan lebih awal guna mencegah bahaya yang lebih besar dan tidak dapat ditanggulangi. Pencegahan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pemantauan di lapangan serta penegakan hukum dan sanksi bagi para pelaku pembakaran. Pada saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau dan akhir-akhir ini tingkat panas sudah mulai tinggi, upaya ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (Hlm.25/7/2021/DewiS/ foto / data:BPPBK_Prov.Kalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook