Genjot Angka Produksi Budidaya dan Jaga Kestabilan Pangan, Bupati Kobar Serahkan Simbolis Stimulus Bagi Pokdakan

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 10 September 2020 15:14, Dibaca 21 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Secara nasional sektor perikanan budidaya menjadi kegiatan yang sangat strategis karena dapat menghimpun banyak tenaga kerja yang dapat turut mendongkrak ekonomi rakyat serta mempercepat program pemulihan ekonomi nasional. Hal ini yang mendorong Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perikanan (Diskan) kembali memberikan stimulus kepada pelaku usaha budidaya di tengah pandemi Covid-19 pada Kamis (10/9/2020).

Hal ini juga dilakukan untuk menjamin keberlanjutan dan kelangsungan hidup Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), khususnya pembudidaya skala kecil. Bupati Kobar Hj Nurhidayah yang menyerahkan bantuan berupa bibit dan pakan ikan secara simbolis mengatakan bahwa stimulus diberikan untuk menjaga pembudidaya agar tetap dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka dan memastikan keberlanjutan usaha di tengah pandemi ini.

(Baca Juga : Pemilu Run Palangka Raya Diminati Warga)

“Dengan mendapatkan bantuan ini diharapkan agar Pokdakan bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar mampu memberikan nilai tambah dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha budidaya ikan di Kobar,” ujar Hj Nurhidayah. 

“Upaya pemberian bantuan tidak lain untuk meningkatkan semangat para pembudidaya dalam melakukan usahanya serta membantu pokdakan yang kesulitan pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang tengah melanda secara nasional,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Diskan Kobar Rusliansyah mengatakan dari program bantuan yang diberikan ini diharapkan memberikan kontribusi peningkatan produksi budidaya ikan dan mampu berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan, khususnya di Kobar pada masa pandemi Covid-19. 

“Hal itu tentunya untuk meningkatkan angka produksi perikanan budidaya di Kobar dan tentunya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan Pokdakan dan keluarganya,” ujar Rusliansyah.

Lebih lanjut, Rusliansyah mengatakan secara berkala penyuluh perikanan sebagai perpanjangan tangan dinas perikanan, akan terus mendampingi pokdakan secara teknis selama masa pemeliharaan.

“Hal tersebut perlu dilakukan agar bantuan yang diberikan pemerintah daerah memberikan hasil yang diharapkan,” tutup Rusliansyah.

Pada akhir acara, Bupati Hj Nurhidayah didampingi Kepala Dinas Perikanan, Camat Arut Selatan dan Kepala desa Tanjung terantang melakukan penebaran ikan di kolam Pokdakan Setia Kawan Desa Tanjung Terantang. (nita&razak/diskan kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook