Operasi Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 29 Agustus 2020 18:09, Dibaca 306 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya –  Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Seluruh pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan dapat terlibat bergerak bersama-sama dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Komitmen dan dukungan dari pemerintah Kabupaten/Kota dalam mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, diharapkan akan dapat berjalan dengan efektif apabila Kabupaten dan Kota berperan aktif melakukan upaya sosialisasi dan edukasi kepada warga di wilayahnya masing-masing serta berkoordinasi langsung dengan pemerintah provinsi dalam hal pelaporan dan perencanaan operasi di lapangan.

Wakil Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 H. Darliansjah menjelaskan, ”Dari Data Kejadian dan Luas Kebakaran Hutan dan Lahan di beberapa wilayah di Kalimantan Tengah, Jumat, 28 Agustus 2020, diantaranya di Kabupaten Barito Selatan terdapat 4 kejadian karhutla dengan luas area yang terbakar seluas 17 hektar, di Kabupaten Barito Utara 1 kejadian dengan luas area 1,27 hektar, di Kabupaten Kapuas 1 kejadian dengan luas area 16 hektar, di Kabupaten Katingan 2 kejadian dengan luas 5,2 hektar, di Kabupaten Kotawaringin Timur 1 kejadian dengan luas area 0,5 hektar, di Kabupaten Murung Raya 1 kejadian dengan luas area 1,2 hektar dan di Kabupaten Seruyan 2 kejadian dengan luas 1,01. Dari semua kejadian kebakaran hutan dan lahan itu kondisi api padam,” jelasnya.

Kepala Bidang Perencanaan Satgas PDB Karhutla Provinsi Kibue menjelaskan, ”Hari ini 28/8/2020 kita rencanakan melaksanakan patroli udara sorti pertama dengan route Pky - Kalampangan - Sabaru - Jekan Raya - Sebangau - Pulpis - Kapuas Murung - Dadahup - Jenamas - Dusun Hilir - Kapuas – Pky. Hasil pantauan dari patroli udara ditemukan ada 2 titik firespot di Dadahup Kabupaten Kapuas dan di daerah Barito Selatan terdapat 5 titik firespot di lokasi Jenamas dan Mahajandau. Karena kondisi yang tidak memungkinkan oleh Tim Pemadaman Darat untuk melakukan pemadaman melalui darat dan sulitnya akses jalan menuju titik lokasi kebakaran, maka dari Posko Induk Satgas PDB Karhutla Provinsi menyampaikan informasi dan titik koordinat lokasi kejadian ke Posko Satgas Pemadaman Udara untuk dianalisa dan dilakukan pemadaman melalui udara dengan Heli water boombing,” jelasnya.

(Baca Juga : Pelatihan Manajemen Puskesmas Dengan Pendekatan PIS-PK Kerjasama Dinkes Kab. Kobar & Bapelkes Tahun 2020)

Sementara itu, Kepala Bidang Operasi Satgas PDB Karhutla Provinsi Alpius Patanan menambahkan, ”Pelaksanaan water boombing sorti 1 di lokasi Mahajandau Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan heli type MI8AMT 9N-ADD, heli type KAMOV KA-32A11BC Reg C-FIGR, sorti 1 melaksanakan water boombing di lokasi Upt. Dadahup B1 Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas dan sorti 2 melaksanakan water boombing di lokasi Babai Kecamatan Karau Kuala Kabupaten Barito Selatan, heli type MI8-AMT RA-22840 sorti 1 melaksanakan water boombing di lokasi Rangga Ilung Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan dan heli type MI-8MTV-1 Reg.UP-MI852 sorti 1 melaksanakan water boombing di lokasi Tambatan Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan dan sorti 2 melaksanakan water boombing di lokasi Upt. Dadahup B1 Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas,” ucapnya kepada tim Informasi publik.

Dalam briefing pagi hari ini Sabtu (29/8/2020), melalui Koordinator Pencegahan dan Mitigasi Satgas PDB Karhutla Provinsi Noor Aswad menyampaikan pesan-pesan keselamatan untuk semua anggota tim yang melaksanakan kegiatan di lapangan. “Teman-teman yang melaksanakan tugas lapangan agar tetap memperhatikan protokol Covid-19 dalam melaksanakan tugas, jangan lupa memakai masker, menjaga jarak, dan apabila tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, setidaknya gunakan hand sanitizer,” ujarnya.

Dalam briefing pagi tersebut Koordinator Tim Satgas Pemadaman Darat Triwinbert Y.Embang juga menambahkan, “Kepada tim Satgas PDB Karhutla Provinsi diberikan suplemen makanan tambahan berupa Vitamin dan Jamu Sehat, agar kondisi mereka tetap fit dan fresh serta bersemangat dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan," ucapnya. (Pky.29/8/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook