Dinas TPHP Kalteng Laksanakan Kegiatan ToT CSA SIMURP

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 24 Agustus 2020 08:00, Dibaca 386 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi  Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Binuang (BBPP) Binuang melaksanakan Pelatihan Training Of Trainer (ToT) E-Learning Climate Smart Agriculture Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (CSA SIMURP) dimulai dari tanggal 24 -28 Agustus 2020. Jumlah peserta ToT sebanyak 15 orang dengan rincian 6 orang (2 orang petugas SIMURP Provinsi dan 4 orang Penyuluh Pertanian Provinsi), Kabupaten Katingan 5 orang (2 orang petugas SIMURP Kabupaten dan 4 orang Penyuluh Pertanian Kabupaten),  dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kec.Katingan Kuala 4 orang (1 orang Kepala BPP dan 3 orang Penyuluh). Fasilitator dan narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Dinas TPHP Prov Kalteng,  Widyaiswara BBPP Binuang/Trainer of Master (ToM),  Sekretaris Dinas TPHP Prov.Kalteng, dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SIMURP Kalteng.


Pada saat menyampaikan sambutannya, Ir. Hj. Sunarti, MM, selaku Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalteng mengatakan bahwa program Modernisasi Irigasi dan Rehabilitasi Mendesak-SIMURP untuk peningkatan kapasitas petani, beberapa hal yang menjadi catatan untuk menjadi perhatian yaitu salah satu lokasi program SIMURP berada di daerah Irigasi Katingan, Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Berharap kegiatan SIMURP ini bisa berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari semua pihak sesuai arahan dari  Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Kapuslutan) Kementan RI.

(Baca Juga : Rentan Terhadap Paparan Covid-19, Pemerintah Gencar Lakukan Pemberian Vaksinasi Bagi Lansia di Kabupaten dan Kota Prov. Kalteng)

Kadis TPHP juga menambahkan bahwa dengan dilaksanakannya ToT ini dapat meningkatkan pemahaman peserta dalam membimbing petani supaya cerdas dalam melakukan budidaya secara intensif. Walaupun pelatihan dilakukan secara e-learning namun tidak mengurangi semangat dan substansi materi yang akan dipelajari.  Bahkan ini menjadi pembelajaran bagi kita karena hal yang baru di era pandemi Covid-19 ini.


Sehubungan dengan Kota Palangka Raya yang masih dalam Zona MERAH pandemi COVID-19, maka pelatihan  TOT CSA SIMURP KALTENG dilaksanakan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning), dengan mengutamakan aplikasi Zoom Cloud. Pembelajaran Jarak jauh ini dilakukan bekerja sama dengan BBPP Binuang Kalimantan Selatan sesuai arahan dan petunjuk dr BPPSDMP Kementerian  Pertanian. Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Dinas TPHP Prov Kalteng Muhajirin Akbar, SP.,M.Si,  PPK SIMURP Alpan M Samosir, SP.,MMA, dan Penyuluh Pertanian Madya Dinas TPHP Provinsi Kalteng Ariani, SP.

CSA SIMURP mengajak petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian, caranya dengan cerdas memanfaatkan iklim. Misalnya bagaimana pertanian hanya memerlukan air sedikit tetapi produktivitasnya tetap tinggi. Cara lainnya adalah  dengan menghemat pupuk. Apalagi pupuk juga menjadi faktor pengungkit produktivitas yang luar biasa. Pupuk menjadi faktor penting untuk produksi. CSA SIMURP juga adalah untuk mendukung peran Komando Strategis Petani (Kostratani).

Bukti kehadiran peserta fasilitator dan narasumber berupa rekaman video, screenshoot daftar kehadiran atau catatan login yg menunjukkan kehadiran peserta dan fasilitator, bukti pembelajaran berupa bahan paparan, bahan tayang/powerpoint dan sejenisnya, peserta pelatihan menggunakan fasilitas Learning Manajemen Sistem (LSM) yang disediakan BBPP BINUANG.

Materi dan bahan praktek dalam pembelajaran e-Learning ini disediakan dalam bentuk softcopy yang dapat diakses oleh para peserta dengan mudah.  ToT dilaksanakan selama 5 hari dengan jumlah jam pelajaran 40 JP (Jam Pelajaran) masing-masing 45 materi terdiri dari Kebijakan pembangunan pertanian 8 JP,  Materi inti 30 JP mengacu pada 11 modul CSA, setiap materi dilakukan pre test dan post test, Materi Penunjang 2 JP, Metode yaitu paparan materi,diskusi/tanya jawab, dan praktek/penugasan. (Dinas TPHP Prov Kalteng)

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook