Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Edukasikan Cara Penggunaan Masker

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 12 Februari 2021 14:27, Dibaca 188 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih mewabah saat ini, telah banyak upaya yang dilakukan untuk menangani dan mencegah penyebarannya. Berbagai upaya dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19, salah satunya dengan taat menggunakan masker. Menggunakan masker merupakan kewajiban semua orang guna menghentikan segera penularan Covid-19.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ir. H. Darliansjah, M.Si mengatakan bahwa Satgas Penanganan Covid-19 Prov Kalteng selalu bersinergi memastikan seluruh elemen masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya guna mengatasi dampak pada sektor ekonomi dan sosial masyarakat yang berada di Kalteng.

(Baca Juga : Deputi Penanganan Darurat BNPB Bangga Terhadap Relawan Dapur Umum Pemprov Kalteng)

“Kami selalu menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan benar,” ucapnya, Jum`at (12/2/2021).

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Prov. Kalteng sekaligus Kepala Bidang Sekretariat Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Maria Cahaya,SP,M.Si, mengatakan, Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng juga tengah menyediakan fasilitas berupa tempat cuci tangan dan sabun cair di tempat-tempat umum atau tempat berkumpulnya orang banyak dan juga di tempat layanan umum. Disediakannya fasilitas tersebut agar masyarakat pergunakan untuk mencuci tangan. Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng juga melakukan pengisian air tandon pada fasilitas tersebut.

“Dalam edukasi yang disampaikan kepada masyarakat, ada beberapa tahap cara menggunakan masker, diantaranya sebagai berikut: Pertama, bersihkan tangan, dengan cara mencuci dengan sabun atau hand sanitizer. Kedua, masker harus menutup bagian hidung dan mulut, jika menggunakan masker pastikan bagian hidung dan mulut tertutup dengan baik tanpa ada celah antara wajah dan masker,” ucapnya. 

“Ketiga, jangan sentuh masker saat digunakan. Jika menggunakan masker jangan sampai menyentuh maskernya, tetapi sentuh pada talinya, jika terlanjur tersentuh, kembali bersihkan tangan dengan sabun dan hand sanitizer berbasis alkohol. Keempat, buka dari belakang, jika membuka masker hindari menyentuh di bagian depan. Setelah selesai, kembali membersihkan tangan dengan sabun atau hand sanitizer berbasis alkohol,” tutupnya. (Pky.12/2/2021/DewiS&MAW&AbR/foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook