Pastikan Keabsahan Adminduk, Disdukcapil Kobar Lakukan Rikmin Calon Bintara Polri 2020

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 20 Agustus 2020 16:46, Dibaca 246 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Panitia Bantuan Penerimaan (Panbarim) Polres Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kobar melakukan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) awal penerimaan calon Bintara Polri tahun 2020, Kamis (20/8/2020). Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Aula Satya Haprabu Polres Kobar, yang dibuka oleh Wakapolres Kobar Kompol Boni Ariefianto dan pengawas eksternal, internal serta beberapa dinas terkait seperti Disdukcapil Kobar dan Dinas Pendidikan Kobar.

Wakapolres Kobar Boni Ariefianto menerangkan bahwa Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari tanggal 20-22 Agustus 2020. Dan untuk hari pertama Rikmin diikuti oleh 28 orang calon Bintara Polri.

(Baca Juga : Tim Wasrik Kodam Tanjungpura Kunjungi Kodim Palangka Raya)

“Kegiatan ini untuk menjamin seluruh tahapan seleksi penerimaan calon anggota Polri Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis (betah) serta Clear & Clean,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya (rikmin) melibatkan pengawas Internal dan Eksternal serta dalam rikmin juga diawali dengan pemeriksaan tinggi badan, berat badan sebagai syarat yang harus dipenuhi oleh calon siswa. Sekretaris Disdukcapil, Teguh Pramono yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyatakan Rikmin yang melibatkan Disdukcapil untuk keabsahan administrasi kependudukan (Adminduk) calon bintara polri 2020 adalah bentuk kerja sama yang sudah dijalankan bersama Polres Kobar selama penerimaan calon anggota polri.

“Pemeriksaan keaslian berkas Adminduk seperti Kartu Keluarga, KTP-el dan Akta Lahir serta domisili dan usia, pemeriksaan dilakukan oleh saya sendiri dan Kasi Identitas Penduduk Bidang Pendaftaran Penduduk,” ujarnya.

Setelah dinyatakan lulus dalam rikmin awal ini, akan dilanjutkan ke proses administrasi selanjutnya di Polda Kalimantan Tengah. (disdukcapil kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook