Tim Patroli Darat Lakukan Patroli dan Pemadaman Dini

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 21 Agustus 2020 18:08, Dibaca 159 kali.


MMCKalteng-Palangka Raya-Satgas Provinsi mendukung operasi darat ke wilayah pinggiran Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Katingan berupa kegiatan patroli, sosialisasi dan pemadaman darat. Tim dukungan yang bertugas Tim BPBPK 1  melakukan patroli ke Desa Balukon-Desa Paharangan Kec. Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau, Tim BPBPK 2  melakukan patroli dukungan ke Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Tim BPBPK 3 melakukan patroli di Jalan Tjilik Riwut, Desa Petuk Ketimpun, arah lingkar luar, Jalan RTA. Milono, Jalan Adonis Samad, Jalan Ir.Soekarno dan wilayah bandara Tjilik Riwut.

Sedangkan untuk Tim Dishut 1 melakukan patroli ke wilayah Kelurahan Panarung – Jalan Seth Adji – Jalan Adonis Samad – Desa Karanggan – Jalan Telawang Raya dan sekitarnya. Tim Dishut 2  melakukan patroli ke Jalan RTA. Milono – Kereng Bengkirai – Sabaru dan sekitarnya. Tim Dishut 3  melakukan patroli ke Jalan G Obos – Jalan Ir. Soekarno - Lingkar Luar – Jalan Yos Sudarso dan sekitarnya. Tim Dishut 4  melakukan patroli ke Jalan  Tjilik Riwut – Kabupaten Katingan dan sekitarnya.  Tim Manggala Agni melakukan patroli ke Kelurahan  Kalampangan, Jalan Tabat Kalasa dan sekitarnya, sedangkan Tim Patroli TNI dan Tim Patroli Polri tetap melanjutkan sesuai dengan hasil hotspot maupun yang sudah terjadwal.

(Baca Juga : Konsistensi Penerapan Protokol Kesehatan Kunci Untuk Turunkan Kasus Covid-19)


Dari penulusuran dan penyisiran yang dilakukan oleh Tim Patroli Darat Satgas PDB Karhutla ke daerah-daerah yang rawan mengalami kebakaran di wilayah pinggiran Kota Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau, ditemukan ada beberapa lahan yang sudah dilakukan tebas tebang ataupun pembersihan rata-rata sudah kering dan rawan terjadinya Karhutla.

Melalui Koordinator Satgas Pemadaman Darat, Triwinbert Y.Embang mengatakan, “Upaya dini yang dilakukan adalah Pencegahan berupa sosialisasi dan edukasi ke pemilik lahan, himbauan larangan pembukaan lahan dengan cara dibakar dan menyampaikan Maklumat Kapolda Kalteng. Masyarakat diingatkan secara terus-menerus agar dalam membersihkan lahannya dengan cara tidak dibakar,” ucapnya kepada Tim Publikasi.


Sementara itu dari Bidang Operasi, Noor Aswad menambahkan pada Jum`at (21/8/2020), “Tim Patroli darat menemukan lahan yang terbakar, dari tempat kejadian ada pemiliknya atas nama bapak Gusti Riduansyah yang sedang melakukan pembersihan dengan cara pembakaran lahan,” ucapnya.

Selanjutnya dari Tim Patroli Darat, Regu Tim BPBPK 2 yang diketuai oleh Kiwok menambahkan, "Regu Tim BPBPK 2 yang patroli melakukan tindakan dini berupa pencegahan dan pemadaman lahan agar lahan yang terbakar tidak meluas. Kebakaran yang terjadi tadi di Jalan G. Obos 26 dari Pinggir Jalan Induk lingkar luar ±50m. Lahan yang terbakar diperkirakan berukuran 20m x 30m, tim kami tadi juga memastikan sampai api betul-betul padam, selanjutnya kepada pemilik lahan bapak Gusti Riduansyah dihimbau agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar dan menyampaikan maklumat Kapolda Kalimantan Tengah tentang larangan membuka hutan dan lahan dengan cara dibakar,” tambahnya. (Pky.21/8/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook