Membangun Keluarga Sejahtera Melalui Jambore Kader PKK Kalteng 2018

Kontribusi dari Widianatalia, 26 September 2018 15:07, Dibaca 699 kali.


MMCKalteng – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Tengah gelar acara Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018 di halaman Istana Isen Mulang Rumah Jabatan Gubernur Kalimantan Tengah, Rabu (26/9). Acara ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran yang di tandai dengan pemukulan Katambung.

Jambore ini bertujuan membangun kesadaran yang menumbuhkan kemauan dan menambah pengetahuan yang menimbulkan kemampuan serta membangun keseimbangan dalam menjalankan peran sebagai kader istri dan ibu yang akan menghadirkan keharmonisan.

(Baca Juga : Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Buka Sosialisasi Menuju Indonesia Bebas Over Dimension and Over Loading Tahun 2023)

Jambore Tahun 2018 mengusung tema “PKK, Menggerakkan Kehidupan Berkoperasi Sebagai Pilar Ekonomi Kerakyatan” dengan subtema “PKK, Membangun Keluarga Sejahtera”. Nampak hadir dalam acara tersebut Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, S.Hut, MP, beserta diikuti anggota TP PKK Provinsi, Kabupaten/Kota Se – Kalimantan Tengah, pengurus Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah dan Ketua dan pengurus organisasi-organisasi wanita Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam rangkaian pembukaan tersebut, Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo Azhari Sugianto sabran, menyampaikan Sekapur Sirih yang berisikan tentang kegiatan Gerakan Masyarakat (Germas) yang bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk serta menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.Kemudian dilanjutkan dengan Deklarasi Dukungan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat serta penandatanganan naskah Deklarasi mendukung GERMAS di wilayah kerja masing-masing. Pembacaan Deklarasi Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dipimpin oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran dan diikuti oleh ketua TP PKK yang ada di 12 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Deklarasi tersebut berisikan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya masyarakat Kalimantan Tengah, yang berupa kegiatan peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan Pangan Sehat, percepatan perbaikan gizi difokuskan pada masa 1000 hari pertama kehidupan, pencegahan deteksi dini penyakit tidak menular secara rutin dan berkala, peningkatan kualitas lingkungan dan Optimalisasi Posyandu.(Foto:Asep)

 

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook