Pj. Bupati Pulang Pisau Buka Acara Uji Publik KLHS-RPJMD

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 17 September 2018 21:34, Dibaca 651 kali.


MMCKalteng - Pejabat (Pj) Bupati Pulang Pisau Sunarti membuka secara resmi acara Uji Publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis-Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (KLHS-RPJMD) Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2018-2023 yang dilaksanaka oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau Di Kantor DLH Pulang Pisau, Senin (17/9).

Dalam sambutannya Sunarti mengatakan bahwa Kajian Lingkungan Hidup Stategis merupakan rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan atau kebijakan, rencana dan program.

(Baca Juga : Dinas Perikanan Pulang Pisau Himbau Nelayan Untuk Tidak Gunakan Potas)

KLHS tersebut disusun salah satunya gunanya untuk memenuhi ketentuan dalam peraturan perundang-undangan termasuk juga memenuhi ketentuan perundang-undangan yang terbaru yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penyusunan RPJMD, ujarnya.

“Integrasi KLHS kedalam perencanaan jangka menengah daerah sangat diperlukan untuk mengukur kinerja pembangunan berdasarkan indikator yang berlaku secara internasional Sustainable Development Goals (SDGs) atau yang lebih dikenal tujuan pembangunan berkelanjutan” Imbuh Sunarti.

Indkator tersebut digunakan untuk mengukur sejauh mana aspek-aspek keberhasilan pembangunan skala Nasional sampai dengan skala Kabupaten termasuk Kabupaten Pulang Pisau, ungkapnya.

Ia menerangkan bahwa dalam rangka memenuhi ketentuan perundang-undangan tentang KLHS-RPJMD, maka Pemerintah Kabupaten Pulpis melalui DLH Kabupaten Pulang Pisau bekerjasama dengan Universitas Palangkaraya (Unpar),

Sejak bulan Februari 2018 telah memulai proses penyusunan dokumen KLHS-RPJMD dan dalam rangka mendukung proses penyusunan kajian, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau telah membentuk kelompok kerja yang terdiri dari SOPD teknis terkait dengan leading sektor adalah DLH Kabupaten Pulang Pisau serta tenaga teknis lintas SOPD yang ahli dibidangnya sesuai dengan kebutuhan kajian dalam penyusunan  KLHS-RPJMD Kabupaten Pulang Pisau, jelas Sunarti.

Harapannya dengan adanya kerjasama yang baik dalam pelaksanaanya maka kita semua dapat menghasilkan yang terbaik untuk Dokumen KLHS-RPJMD Kabupaten Pulang Pisau guna melaksanakan pembangunan lima tahun kedepan yang akan dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk kemajuan Kabupaten Pulang Pisau, ucap Sunarti. (MC. Pulang Pisau/Kurniawan/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook