Sosialisasi Pengamanan Data dan Informasi di Pemprov. Kalteng

Kontribusi dari Rikah Mustika, 08 Mei 2018 11:37, Dibaca 747 kali.


MMCKalteng – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah menggelar acara Bimbingan Teknis Peningkatan Kesadaran Pengamanan Informasi di Lingkup Pemerintah Daerah di aula Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, selasa (8/5). Peserta terdiri dari 13 kabupaten dan 1 kota yaitu eselon III yang berjumlah 50 orang.

Direktur Proteksi Ekonomi Digital Anton Setiyawan, S.Si, MM  menyampaikan dalam paparannya, bidang keamanan siber merupakan salah satu bidang pemerintahan yang perlu didorong dan diperkuat sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan mewujudkan keamanan nasional.

(Baca Juga : Kunjungan Kerja Inspektur Jenderal Perhubungan RI ke Pelabuhan Batanjung)

Tugas dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yaitu untuk melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber. Sasaran BSSN dalam pertumbuhan ekonomi keamanan nasional adalah untuk melindungi infrastruktur kritikal, digital ekonomi Indonesia, literasi keamanan siber masyarakat Indonesia, keamanan sistem informasi pemerintahan, dan kemitraan nasional dan internasional.

Tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentifikasi. Sertifikat elektronik menggunakan teknologi penyandian asimetrik dan dibangun di ats platform infrastruktur kunci publik.

Prinsip-prinsip dalam implementasi sertifikat elektronik yaitu kerjasama secara substansi, para pihak yang mewakili institusi, keterlibatan dan komitmen pimpinan, sosialisasi (pembelajaran), shift the culture, pra assesment adjustment, audit, dan prioritas sistem elektronik. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook