Sosialisasi Mekanisme Pengajuan Sub Domain di Seluruh Perangkat Daerah Pemprov Kalteng

Kontribusi dari Rikah Mustika, 06 Juni 2018 10:19, Dibaca 529 kali.


MMCKalteng – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Sosialisasi Mekanisme Pengajuan Sub Domain di seluruh perangkat daerah pemerintah provinsi Kalimantan Tengah dan dihadiri oleh perwakilan dari seluruh SOPD provinsi Kalimantan Tengah. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (6/6).

Kepala Bidang E-Government, Elahni Hajati SW, ST, MT, selaku ketua panitia menyampaikan dalam laporannya tujuan sosialisasi ini yaitu untuk mensosialisasikan acuan mekanisme sub domain SOPD yang ada di Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Diskominfo Kalteng adakan Pelatihan Jurnalistik Admin SKPD)

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Herson B Aden, M.Si menyampaikan dalam sambutannya, sosialisasi ini diadakan dalam rangka kurangnya keaktifan sub domain di beberapa SOPD, bahkan ada yang belum memiliki sub domain. Di era keterbukaan publik seperti sekarang, setiap badan publik harus bisa mempublikasikan SOPD nya di website masing-masing. Saat ini hanya 26 SOPD yang memiliki website  dan masih banyak SOPD yang tidak memenuhi prosedur untuk sub domain. SOPD tersebut diharapkan dapat memperbaiki sub domainnya di perubahan anggaran.

Unsur-unsur yang harus ada di sub domain yaitu salayang pandang tentang SOPD, struktur organisasi, biodata/biografi, peta wilayah, konten kebijakan peraturan daerah, dokumentasi SOPD, serta konten tentang PPID. Harapannya untuk SOPD yang websitenya sudah beroperasi namun belum menggunakan sub domain kalteng.go.id agar ditutup terlebih dulu dan diharapkan juga di tiap SOPD ada programmer khusus yang dapat membantu.

Kriteria utama penilaian pembuatan website SOPD yaitu keaktifan websitenya dan kedalaman konten-konten di dialamnya yang sesuai dengan tupoksi SOPD nya. Sedangkan untuk kriteria tambahan harus diselipkan button Search, kesesuaian adaptasi untuk tampilan di layar PC dan handphone, update atau tidaknya informasi, serta adanya statistik kunjungan. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook