Keragaman Agama di Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Widianatalia, 04 Juni 2018 14:16, Dibaca 1,058 kali.


Kalimantan Tengah adalah salah satu Provinsi yang terletak di pulau Kalimantan. Ibukota Kalimantan Tengah yaitu Kota Palangka Raya. Kalimantan Tengah mempunyai julukan Bumi Tambun Bungai, dengan semboyan Isen mulang yang artinya Pantang Mundur.

Penduduk etnis yang mendominasi di Kalimantan Tengah yaitu etnis suku Dayak yang merupakan suku asli penduduk Kalimantan Tengah. Sub etnis suku Dayak yang terdapat Di Kalimantan Tengah terdiri dari suku Dayak Ngaju, Bakumpai, Ma’anyan, Ot Danum, Siang, Murung, Taboyan, Lawangan, Dusun serta subetnis lainnya dalam jumlah relatif. Selain itu, penduduk etnis yang turut mendominasi  di Kalimantan Tengah yaitu  suku Jawa yang merupakan Daerah transmigrasi, Banjar yang merupakan Daerah pesisir dan perkotaan serta berbagai etnis lainnya yang terdiri dari etnis Melayu, Madura, Sunda, Bugis, Batak, Flores, Bali serta suku-suku lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

(Baca Juga : Twibbonize Hari Lahir Pancasila 2021)

Suku Dayak mempunyai kebudayaan yang beragam dan merupakan suku yang menghargai perbedaan. Selain menghargai perbedaan, suku Dayak juga menghargai etnik, agama ataupun latar belakang sosial. Bahasa yang dominan digunakan di Kalimantan Tengah yaitu bahasa Dayak, Banjar, Jawa dan Indonesia. Kepercayaan yang dianut di Kalimantan Tengah meliputi agama Islam sebagian besar dipeluk oleh suku Banjar, Jawa, Melayu, Madura, Sunda serta sebagian Kecil Suku Dayak di Kalimantan Tengah. Kristen Protestan dan Katolik dipeluk oleh sebagian besar Suku Dayak, Batak dan Flores di Kalimantan Tengah. Sedangkan, agama Kaharingan dianut oleh suku Dayak Kalimantan Tengah dan merupakan  kepercayaan asli suku Dayak Kalimantan Tengah yang tersebar di daerah Kalimantan Tengah dan banyak terdapat di bagian hulu sungai seperti hulu sungai Kahayan, sungai Katingan dan hulu sungai lainnya. Di Kalimantan Tengah agama Hindu dipeluk oleh suku Bali transmigran. Dan, agama Buddha di Kalimantan Tengah dipeluk oleh etnis Tionghoa. Semuanya hidup berdampingan dan saling bertoleransi yang diatur dalam kerukunan hidup beragama.(Foto:Asep)

 

 

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Artikel
Artikel
Artikel
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook