Beri Tausiyah Peringatan Nuzulul Qur’an Di Rutan Palangka Raya, Wagub Bilang Al-Qur’an Sebagai Petunjuk Seluruh Umat Manusia

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 03 Juni 2018 14:00, Dibaca 574 kali.


Palangka Raya – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Palangka Raya pada Sabtu (02/06) telah melaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an dihalaman dalam Rutan jalan Tjilik Riwut KM. 5 Palangka Raya. Turut hadir pada peringatan tersebut, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib H. Said Ismail yang sekaligus memberi tausiyah pada peringatan nuzulul qur’an kali ini, Plh. Kepala Kantor Wilayah Hajrianor (Kepala Divisi Administrasi), Kepala Divisi Pemasyarakatan  serta seluruh perwakilan UPT Se-Kota Palangka Raya.

Kepala Rutan Palangka Raya Akhmad Zaenal Vikri dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu peringatan nuzulul qur’an kali ini, terutama kepada Wakil Gubernur yang telah bersedia hadir ditengah-tengah kita bersama untuk memberikan tausiyahnya kepada kita semua.

(Baca Juga : Kakanwil Berserta Kadiv Pemasyarakatan dan Administrasi Sambangi Lapas dan Imigrasi di Sampit)

Dikatakannya saat ini jumlah penghuni di Rutan Palangka Raya berjumlah sebanyak 595 orang dari jumlah kapasita yang ada yakni 120 orang. Dari jumlah tersebut over crowdied yang dialami Rutan Palangka Raya sekitar 400 % lebih. Dilaporkannya pada bulan ramadan ini pihaknya telah melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti kegiatan pesantren kilat yang bekerjasama dengan Kementerian Agama Kota Palangka Raya dimana jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 150 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Selain itu juga pihaknya telah melaksanakan kegiatan taradusan yang dilaksanakan setiap harinya dari awal puasa hingga akhir puasa. Alhamdulillah, berdasarkan laporan kegiatan tadarusan sudah melaksanakan khatam Qur’an 2 kali.

Plh. Kepala Kantor Wilayah Hajrianor dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemerintah Daerah dan juga Kementerian Agama Kota Palangka Raya yang telah mendukung kegiatan-kegiatan pembinaan keagamaan yang dilakukan oleh Rutan Palangka Raya. Menurutnya, hal ini tentu sangat berguna karena dengan sumbangsih yang cukup serta peran serta dari instansi terkait tersebut tugas Rutan dalam memberikan pelayanan dan pembinaan akan terasa lebih mudah.

Selanjutnya tibalah yang ditunggu-tunggu idola WBP Rutan Palangka Raya  yakni sang Habib H. Said Ismail Wakil Gubernur Kalimantan Tengah memberikan tausiyahnya. Dikatakan salah seorang WBP bahwa selalu menjadi ingatan mereka bersama, tentang sosok Wagub Kalimantan Tengah karena selain beliau dikenal mempunyai keahlian dibidang agama dalam menyampaikan tausiyahnya kental dengan nuansa humor sehingga membuat mereka (para WBP) larut dalam keceriaan dan kebahagiaan.

Sementara dalam tausiyahnya Habib Wagub Kalteng mengatakan bahwa bulan ramadan/puasa adalah bulan yang penuh berkah atau yang lebih dikenal yakni dengan sebutan bulannya qur’an. Karena dibulan ramadan ini Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril menerima wahyu yang pertama kalinya dari Allah SWT berupa ayat suci Al-Qur’an.

Dijelaskan Habib Wagub Kalteng lebih lanjut, Al-Qur’an merupakan petunjuk bukan hanya bagi umat Islam saja akan tetapi bagi seluruh umah manusia yang ada dimuka bumi ini. Didalam Al-Qur’an termuat semua tatanan kehidupan manusia yang isinya hampir 70% merupakan cerita/sejarah sedangkan sisanya merupakan aturan-aturan, kabar baik/buruk serta tentang ilmu pengetahuan.

Dikatakan beliau, saat ini banyak oleh sebagian orang Al-Qur’an disalah tafsirkan yakni dijadikan sebagai alat pembenaran, padahal  bukan demikian adanya. Seharusnya menjadi sumber kebenaran/ sumber hukum sehingga benar-benar menjadi petunjuk/jalan terang dari kegelapan.

Habib Wagub Kalteng pada kesempatan ini berpesan kepada seluruh yang hadir pada peringatan nuzulul Qur’an kali ini terlebih kepada pada warga Rutan Palangka Raya agar Al-Qur’an bukan hanya untuk dibaca, akan tetapi juga bisa dipahami dan dapat di aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadikan diri taqwa dan Insya Allah akan bermanfaat bagi sesama. Mari kita renungkan menjelang akhir akhir puasan ini agar kita menyadari perbuatan yang telah kita lakukan, apakah itu perbuatan baik/buruk tentu semuanya akan mendapatkan balasan dari Allah SWT. Silakan cintai sessuatu apapun, akan tetapi ingat itu hanyalah titipan, maka dari itu mari kita menyadarinya.

Ingatlah tentang Sabda Rasullullah SAW, bahwa manusia yang hari ini lebih baik dari pada hari kemaren tergolong kepada manusia yang beruntung, akan tetapi manusia yang hari ini sama saja dengan hari kemaren bahkan lebih buruk maka mereka digolongkan kepada manusia yang merugi,  terang Habib Wagub Kalteng. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Juni.2018).  

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook