Menteri Kominfo RI Hadiri Seminar Pekan Komunikasi Sosial Nasional di Palangka Raya

Kontribusi dari Widianatalia, 12 Mei 2018 11:18, Dibaca 687 kali.


Pengurus Pusat Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Keuskupan Palangka Raya menyelenggarakan Workshop dan Seminar Nasional dalam rangka Pekan Komunikasi Sosial Nasional 2018, kegiatan seminar  dilaksanakan di Keuskupan Palangka Raya, Kalimantan Tengah (12/5). Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI didaulat sebagai Keynote Speakers dengan  tema Gereja Katolik menolak hoax, fake news, hate speech.

Nampak hadir Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo RI Dra. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, S. Hut, MP, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Herson B. Aden, M. Si, dan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Drs. Eusabius Binsasi.

(Baca Juga : Pelatihan Internet Marketing Melalui Pusat Komunitas Kreatif Angkatan III Tahun 2018)

Tingkat partisipasi netizen Indonesia di media sosial menandingi negara lain khususnya di facebok. Penggunaan  media sosial harus disikapi dengan bijak dan harus didahului dengan silahturahmi dan pertemanan. Bukan untuk menimbulkan masalah, provokasi dan hate speech. Selain itu, beliau juga menuturkan, Indonesia berpeluang menjadi ekonomi terbesar ke-5. Untuk mengembangkan SDM, internet juga sangat berperan penting dalam pengembangan SDM. Salah satunya untuk pendidikan yang menjadi pasion, pendidikan harus diberikan fasilitas internet selama proses belajar. Untuk kesehatan juga tidak kalah penting, pola melayani masyarakat harus dirubah dengan cara baru yaitu melakukan tindakan dengan cepat salah satunya dengan menggunakan internet. Beliau juga menyarankan untuk menetralisir penyalahgunaan media sosial yaitu dengan cara menggurangi penggunaan media sosial untuk menyebarkan berita-berita yang tidak benar, hoax, fake news, hate speech . Dan juga menyarankan bersama-sama menggunakan aplikasi buatan karya anak Bangsa. (Widia/Foto : Ega)

 

 

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook