Pengelola KIM Kapuas mengikuti Sosialisasi KIM di Dinas Kominfo Santik Palangka Raya

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 30 April 2018 08:16, Dibaca 1,879 kali.


MMCKalteng - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas yang diwakili oleh Kepala Seksi Komunikasi Publik Gusti Mahfuz, S.Kom,MA mengikuti sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah bertempat di Aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (26/4) lalu.

Kegiatan sosialisasi KIM tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah sebagai koordinator KIM di Kabupaten/Kota Ir. Herson B.Aden, M.Si didampingi Kabid. Pengelolaan Komunikasi Publik Baryen, ST, M.Eng dengan nara sumber dari Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Sarjono yang  di hadiri oleh seluruh pengelola KIM di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Tengah, Admin Sosial Media, BNN Provinsi Kalteng dan perwakilan Mahasiswa Universitas di Palangka Raya.

(Baca Juga : TP PKK Kabupaten Barito Utara Ikuti Lomba Paduan Suara)

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah dalam sambutannya mengajak memperkuat integrasi dari tingkat provinsi, kabupaten, hingga kecamatan bahkan tingkat desa melalui aplikasi yang telah tersedia semisal sippd.kalteng.go.id  yang memuat mengenai perencanaan pemerintah, sehingga masyarakat dapat mengakses informasi yang tersedia. "Dinas Kominfo Persandian & Statistik Provinsi Kalteng akan memberikan secara cuma-cuma domain dan hosting gratis bagi KIM yang berada di Kecamatan sampai dengan pedesaan yang terintegrasi pada data center Diskominfo Santik Provinsi Kalteng, ungkapnya".

Kegiatan sosialisasi ini di dipandu oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik yang diwakili oleh Sarjono. Materi yang disampaikan berjudul Pengembangan dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjelaskan mengenai bagaimana KIM dapat berkembang secara bertahap hingga pada akhirnya KIM dapat bertransformasi tidak hanya menjadi forum konvensional namun juga dapat menjadi agen perubahan sosial dan wahana bisnis dalam upaya mendukung pemasaran produk lokal. "KIM tidak sebatas pada kecamatan maupun pedesaan saja, KIM bisa dibentuk pada komunitas pertanian, nelayan, UKM maupun pelajar, KIM dapat menjembatani informasi antara masyarakat dan pemerintah, mengembangkan kualitas SDM masyarakat dibidang informasi, paparnya".

Di tempat yang berbeda Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Ir. H. Nor Alamsyah, KIM yang telah terbentuk sebanyak 17 (tujuh belas) ditingkat Kecamatan akan segera diberdayakan melalui aplikasi berbasis web untuk mewujudkan media komunikasi yang terintegrasi. "Dengan memberikan solusi pengembangan internet di kecamatan sampai dengan di pedesaan, diharapkan mampu menggerakkan peranan KIM di masyarakat dan dalam waktu dekat KIM pada pedesaan akan dibentuk juga, katanya".

Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas selaku PPID Utama Dr. Suwarno Muriyat, S.Ag, M.PD siap Kabupaten kapuas menjadi salah satu pilot Project oleh Kementerian Kominfo RI untuk pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).(hmskominfo)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook