Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Masih Berusaha Mengusulkan Formasi CPNS

Kontribusi dari Rikah Mustika, 25 April 2018 16:30, Dibaca 666 kali.


MMCKalteng – Setelah acara penunjukan Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova sebagai Pelaksana Lepas Harian (PLH) Bupati Kapuas yang digelar di aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Rabu (25/4) siang, tim MMC beserta tim media lainnya mewawancarai Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, S.Hut, MP mengenai formasi CPNS yang akan dibuka di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Beliau menyampaikan, untuk mengajukan formasi harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Di lingkup Provinsi Kalimantan Tengah saat ini masih memprioritaskan formasi pendidikan dan tenaga medis, akan tetapi masih berusaha untuk mengusulkan formasi-formasi lainnya yaitu sebanyak 2000 formasi.

Untuk bisa mengusulan formasi, dapat dilihat dari sehat tidaknya struktur APBD. Hingga saat ini belanja pegawai Provinsi Kalimantan Tengah sudah mencapai 54%, sedangkan untuk bisa menambah formasi harus dibawah 50%. Harapannya struktur APBD di Provinsi Kalimantan Tengah akan mengajukan penambahan DAU, sehingga belanja langsung lebih tinggi daripada belanja tidak langsung / belanja pegawai agar berpeluang untuk bisa mengusulkan formasi-formasi lain kedepannya.

(Baca Juga : Kunjungan Raja dan Ratu Belanda ke Palangka Raya Resmi Dibatalkan)

Pegawai yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah hampir 50% adalah guru sehingga lebih banyak pengeluarannya dibanding pegawai biasa, karena guru memiliki sertifikasi yang besarnya hampir dua kali lipat gaji pegawai. Untuk itu dibutuhkan sumber pendapatan lain atau hibah yaitu dari sumbangan pihak ketiga, korporat-korporat yang ada di Kalimantan Tengah, serta DAU. Harapannya pemungutan dari hibah masyarakat bisa dilaksanakan dengan baik dan tidak ada kendala apapun. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook