Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Arsip di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 11 April 2018 18:00, Dibaca 392 kali.


MMCKalteng- Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Palangka Raya hari ini Rabu (11/04/2018) menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Arsip bagi ASN Satuan Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

Acara pembukaan Pelatihan ini diselenggarakan di Ruang Rapat Peteng Karuhai II Setda Kota Palangka Raya. Kegiatan ini di buka oleh Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Setda Kota Palangka Raya, Anwar Sanusi Gayo Pane dan di hadiri oleh Kepala SOPD dan Peserta Pelatihan yang berasal dari SOPD lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

(Baca Juga : Pertemuan Forum Kemitraan BPJS Kesehatan Semester II)

Walikota Palangka Raya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Setda Kota Palangka Raya menyampaikan beberapa hal anta lain :

  1. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Pasal 1 Nomor 21, bahwa Unit Kearsipan adalah satuan kerja pada pencipta arsip yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan kearsipan pada setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah ( SOPD), jadi pembentukan dan pengelolaan Unit kearsipan yang baik dan kunci utama terwujudnya Tata Kelola Arsip sehingga tercapai tujuan penyelenggaraan kearsipan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomer 43 Tahun 2009.
  2. Dalam upaya membangun sistem kearsipan yang efektif, diperlukan koordinasi yang terus menerus antara Lembaga Kearsipan Daerah. Dengan terbentuk dan terkelolanya unit kearsipan yang baik akan menfasilitasi hubungan antara Lembaga Kearsipan Daerah yang berperan sebagai pembina dan npengawas tata kearsipan serta penghimoun arsip-arsip yang mempunyai nilai kesejahteraan dengan sumber penciptaan arsip di setiap SOPD.
  3. Dengan diselenggarakan pelatihan bagi SOPD diharapkan SDM Aparatur dalam mengelola kearsipan dan sebagai wadah untuk penyamaan persepsi sehingga dapat dilaksanakan pengelolaan kearsipan yang baik dan memiliki acuan yang sama.
  4. Dan pada akhir sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Palangka raya memberikan dorongan agar Pengelolaan Arsip yang ideal di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya dan terwujud dan pada akhirnya akan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang informasi publik.

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook