Pemkab Gumas Gelar Rapat Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 21 Juni 2020 03:30, Dibaca 1,115 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas - Berkaitan dengan penanganan dampak Pandemi Virus Corona Disease 2019 (COVID-19) yang tengah terjadi di Indonesia khususnya Kabupaten Gunung Mas, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) menggelar Rapat Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Gunung Mas, bertempat di Aula Bappedalitbang, Jumat (19/6/2020) lalu.

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Lurand dan Plt. Kepala Bappedalitbang Aligato. Peserta rapat adalah para Kepala Perangkat Dearah tergabung dalam tim penanggulangan kemiskinan daerah Kabupaten Gunung Mas, diantaranya Bappedalitbang, Dinas Sosial, Dukcapil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Diskominfosantik, BPS, serta pihak terkait.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Evaluasi Serapan Anggaran dan Pembangunan di Kobar)

Wakil Bupati Gunung Mas saat membuka rapat koordinasi menegaskan kepada jajaran peserta rapat untuk menuntaskan validasi data dan  menentukan akar masalah serta strategi dalam menyikapi kemiskinan.

"Data yang diperoleh akan dikelompokan kategori lanjut usia terkait dengan penanganannya karena dianggap tidak mampu, lansia penyandang cacat sejak lahir yang menerima BLT selamanya dalam usia produktif juga menjadi sasaran agar setiap data sudah mempunyai kelompok masing-masing. Terkait bedah rumah dilaksanakan pengecekan jumlah kondisi rumah kategori layak dibantu oleh tim di lapangan, sehingga Dinas Pekerjaan Umum atau yang terkait dalam pelaksanaannya dapat terencana dengan baik," ucapnya.

Wakil Bupati juga berharap setiap pokja-pokja betul-betul bekerja di setiap bidangnya jangan saling menunggu.

“Fokus kita sekarang adalah validasi data, soal program nanti dulu kalau kita sudah mendapatkan data baru kita membahas program, nanti ada rapat lagi kita merencanakan anggaran 2021 apa harus dilakukan dengan melihat data yang kita dapatkan,” jelasnya.

Asisten I Sekretaris Daerah Kabupten Gunung Mas Lurand mengatakan, terkait data ini memang harus kita lakukan menyangkut program yang dilaksanakan. Data yang sekarang ini hanya fokus untuk memberikan bantuan, yang lebih penting pemberdayaan, kalau hanya untuk bantuan saja tidak selesai urusan kemiskinan, kalau untuk mengangkat ekonomi mereka tidak akan bisa sepajang kita tidak memiliki data yang akurat, kita tidak bisa menyusun dan membuat program kegiatan yang mengarah kepada pengangkatan ekonomi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat ini.

Terkait proses pendataan petugas PSM yang berada di Kecamatan atau Desa, supaya diberikan pembekalan kembali menyangkut dengan pendataan ini, jangan kaku dengan kriteria-kriteria yang ada tetapi menyesuaikan dengan kondisi rill di lapangan.

Masing-masing peserta rapat menyampaikan tanggapan dan masukan, beberapa strategi pun disampaikan dalam penanggulangan kemiskinan daerah Kabupaten Gunung Mas Tahun 2020.

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook