Wabup Ikuti Vcon Bersama Gubernur Bahas Perkiraan Cuaca dan Iklim

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 06 Juni 2020 08:24, Dibaca 15 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS – Wakil Bupati Kapuas H.M Nafiah Ibnor ikuti Video Conference, besama dengan pemerintah Provinsi beserta seluruh kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah, yang dalam kesempatan tersebut membahas tentang perkiraan cuaca dan iklim dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya bahwa wilayah Kalimantan Tengah akan masuk musim kemarau iawali dari Kabupaten Barito Selatan (Kecamatan Dusun Hilir bagian selatan dan Kecamatan Jenamas) pada pertengahan bulan Mei 2020 dan seluruh wilayah Kalimantan Tengah pada akhir Juli 2020.

Untuk kesiagaan dalam menghadapi bahaya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah, rapat koordinasi bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Kamis (4/6/2020) siang. Turut hadir Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas H Masrani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kusmiatie, Kepala BPBD Panahatan Sinaga, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas Dr. H. Junaidi, Dandim 1011/Klk Lenkol Inf Ary Bayu Saputro, serta Perwakilan dari Polres Kapuas.

(Baca Juga : Penilaian Adipura, Jumat Bersih Terus Digalakan)

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran yang memimpin rapat menyampaikan bahwa sebagai Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan, sehubungan dengan antisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan di tahun 2020 mulai dari bulan Mei dan Juni, mulai merasakan perubahan cuaca panas yang mulai ekstream. Ia juga mengajak untuk seluruh Bupati/Walikota untuk bersama mewujudkan Kalimantan Tengah bebas kabut asap di tahun 2020, yang sebagaimana telah disepakati pada tanggal 4 November 2019 tentang komitmen.

“Ini adalah hasil evaluasi kita bersama terhadap kondisi yang dihadapi pada tahun 2019, untuk itu saya pastikan Bupati dan Walikota sudah menindaklanjuti komitmen bersama tersebut, serta dapat menggerakkan seluruh potensi yang ada di setiap desa untuk bersama-sama berperan dalam upaya mencegah terjadinya karhutla,” ungkap H Sugianto.

Serta orang nomor satu di Kalimantan Tengah ini menegaskan bahwa daerah gambut yang rentan pembakaran apabila kemarau kering terus menerus, tidak boleh ada pembakaran. (hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook