Masyarakat Pulang Pisau Diminta Tidak Mengucilkan Korban Covid-19

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 04 Juni 2020 17:54, Dibaca 244 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Pulang Pisau selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, Drs. Salahudin meminta masyarakat atau warga sekitar di lingkungan yang terpapar Covid-19 agar tidak mengucilkan penderita, baik orang yang sudah sembuh dari penyakit ini, bahkan kasus lainnya yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 

Mohon diinformasikan kepada para camat, lurah, kades agar ini menjadi perhatian untuk memberikan pemahaman atau edukasi kepada warganya apabila ada warga di lingkungannya yang terdampak covid-19, baik yang sudah sembuh, masih dalam perawatan, bahkan berstatus ODP, PDP agar tidak mengucilkan keluarga maupun pasien yang menjadi korban Covid-19.

(Baca Juga : Pj. Sekda Hadiri Undangan Kapolres Pulang Pisau)

"Perlu kita ketahui bahwa kasus atau korban Covid-19 bukan aib," ujarnya saat di Rapat Anev di Posko Gugus Tugas Covid-19, Kamis (4/6/2020).

Dirinya berharap supaya masyarakat di lingkungan tempat tinggal para korban terpapar Covid-19, baik yang sudah sembuh ataupun masih dalam perawatan, ODP, PDP tersebut tidak perlu khawatir akan ancaman penularan, yang seharusnya dilakukan masyarakat saat ini adalah mendukung, memberikan dukungan dan semangat.

Hal yang penting imbauan, pemerintah tetap dipatuhi seperti halnya mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, gunakan masker, social distancing, kurangi kerumunan dan jaga kesehatan selalu.

Menurutnya, warga harus saling dukung, bahkan dapat hidup berdampingan seperti sedia kala, tanpa rasa takut atau mengucilkan keluarga pasien.

"Mari kita bersama-sama hilangkan stigma atau anggapan negatif terhadap orang yang diduga terinfeksi Covid-19,” tambahnya. (MC. Pulang Pisau

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook