Kunjungi Kab. Kotim, Gubernur Serahkan Bantuan Masker dari Pemprov Kalteng dan Memantau Langsung Pelaksanaan Rapid Test Massal di PPM Sampit

Kontribusi dari Widia Natalia, 02 Juni 2020 15:34, Dibaca 239 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Timur - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran bersama Forkopimda Provinsi (Prov) Kalteng dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kotawaringin Timur (Kab. Kotim), Selasa (02/06/2020).

Kunjungan kerja Gubernur beserta jajaran kali ini dalam rangka mengunjungi dan memantau langsung pelaksanaan Rapid Test massal di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) di Sampit yang diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah (Pemprov) Kalteng, Polda Kalteng, Korem 102/ Pjg, Kejaksaan Tinggi Kalteng dan Pemkab. Kotim dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19.

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 26 Orang dan Konfirmasi Baru 45 Orang)

Turut hadir mendampingi Gubernur yakni Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Komandan Korem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Mukri, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Provinsi (Prov) Kalteng H. Darliansjah, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kalteng Ermal Subhan, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Prov. Kalteng Leonard S. Ampung, Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng ADM Tangkudung, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Lilis Suryani, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy dan Plt. Kepala Biro Protokol dan Komunikasi Publik Setda Kalteng Sutoyo.

Sebelum meninjau langsung pelaksanaan Rapid Test massal, Gubernur menyerahkan bantuan masker yang bersumber dari dana APBD Prov. Kalteng untuk disalurkan kepada masyarakat di Kab. Kotim.


Bantuan masker diserahkan Gubernur secara simbolis kepada Wakil Bupati Kotim H. Muhammad Taufiq Mukri, Kapolda Kalteng kepada Kapolres Kotim, Danrem 102/Panju Panjung kepada Dandim 1015/Sampit dan oleh Kajati Kalteng kepada Kajari Sampit.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan bahwa pemeriksaan Rapid Test massal dilakukan untuk mencari asal penularan Covid-19 di wilayah Kalteng yang dimana angka positif saat ini menyentuh angka 400 orang lebih.

Dengan masih tingginya angka positif di Kalteng, Gubernur terus mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat yang sedang mengikuti pemeriksaan  Rapid Test massal di PPM agar meningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan serta tidak takut menjalani pemeriksaan Rapid Test maupun Swab Test.

"Setelah menjalani Rapid dan hasil dari rapid test dinyatakan reaktif maka harus siap di karantina. Setelah itu, dilakukan swab test. Jika positif akan di rawat di Rumah Sakit. Tidak usah takut, hadapi bersama. Biaya Kesehatan kami siapkan 200 M", kata Gubernur.

Seusai pelaksanaan Rapid Test massal, H. Sugianto Sabran juga melakukan penyerahan secara simbolis hasil Rapid Test kepada 5 orang pengunjung/ pedagang pasar PPM dan masyarakat yang mengikuti pemeriksaan Rapid Test massal.

Dikesempatan yang sama, Ketua Harian Gugus Tugas Prov. Kalteng H. Darliansjah menyampaikan bahwa pihaknya terus mendorong Kab/ Kota untuk melakukan Rapid Test massal, minimal 1 % dari jumlah penduduk Kab/ Kota sesuai dengan arahan Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas.

Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Prov. Kalteng Suyuti Syamsul yang turut hadir dikesempatan yang sama mengatakan bahwa Pemprov. Kalteng menargetkan akan melakukan Rapid Test massal terhadap 27 ribu warga Kalteng meliputi pedagang dan masyarakat umum.

"Hingga saat ini, Rapid Test telah dilakukan terhadap sekitar 12 ribu warga. Di Kotim hari ini, disiapkan 2 ribu alat Rapid Test untuk 2 lokasi, yakni PPM Sampit dan PPM Samuda", kata Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul.(Foto:Ist)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook