Dinas Kesehatan Bagikan Masker Ke Sekolah dan Warga Kota Palangka Raya

Kontribusi dari Dinkes Prov.Kalteng, 11 Oktober 2018 07:00, Dibaca 665 kali.


MMCKalteng - Akibat dampak asap dan untuk mencegah Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) Dinas Kesehatan membagikan masker ke sekolah seperti di TK As Salam, SD Negeri 3 Tanjung Pinang, SMP 12 Palangka Raya , SMA Perintis. Dinas Kesehatan terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dengan kegiatan pembagian masker untuk masyarakat, seperti yang dilaksanakan pada pagi ini (11/10) di Wilayah Jalan Bengaris Kel.Tanjung Pinang Kec. Pahandut Kota Palangka Raya.

Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Salah satu jenis infeksi saluran pernapasan akut yang paling sering ditemui adalah common cold, yang ditandai dengan gejala batuk dan pilek. Gejala infeksi saluran pernapasan akut umumnya timbul sekitar satu hingga tiga hari setelah seorang individu terpapar virus atau bakteri. Tanda dan gejala tersebut dapat bervariasi pada setiap orang, yang biasanya berupa :

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 72 Orang Dan Konfirmasi Baru 46 Orang)

  • Pilek atau hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Pegal-pegal pada tubuh
  • Sakit kepala
  • Bersin-bersin
  • Demam ringan
  • Meriang
  • Penurunan nafsu makan

Gejala yang umumnya terjadi pada infeksi yang memengaruhi saluran pernapasan atas adalah batuk, sakit kepala, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, serta rasa pegal. Seperti pada saluran pernapasan atas, infeksi saluran pernapasan bawah juga dapat ditandai dengan adanya batuk, yang biasanya lebih mengganggu, dan disertai adanya dahak. Gejala lain dari infeksi saluran pernapasan bawah dapat berupa peningkatan frekuensi pernapasan, sesak napas, atau mengi.

Salah satu cara yang mudah dan ampuh untuk mencegah penularan infeksi saluran pernapasan akut adalah mempraktekkan kebersihan diri yang baik. Di antaranya dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin.  Selain itu, jalani gaya hidup sehat dengan pola makan gizi seimbang, rutin melakukan aktivitas fisik yang benar dan baik, serta menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi.

 

Dinkes Prov.Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook