PERINGATI HARI TUBERKULOSIS SEDUNIA LAPAS/RUTAN/LPKA SE-KALTENG LAKUKAN KEGIATAN SKRINING TB KEPADA PARA PENGUNJUNG

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 22 Maret 2018 14:34, Dibaca 150 kali.


MMCKalteng - Tambun Bungai (22/03)  Dalam rangka memperingati hari TBC Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret mendatang, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi meminta kepada seluruh Lapas/Rutan/LPKA seluruh Indonesia untuk melaksanakan kegiatan Skrining Batuk kepada para Pengunjung Lapas/Rutan/LPKA mulai tanggal 21-23 Maret 2018. Dengan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat, dimana dalam pelaksanaannya petugas Lapas/Rutan/LPKA dibantu petugas/kader kesehatan dalam melakukan skrining Batuk kepada keluarga pengunjung yang akan melakukan kunjungannya.

Saat ditemui ke ruang kerjanya, Kepala Bidang Keamanan, Kesehatan, Perawatan Narapidana/Tahanan dan Pengelolaan Basan dan Baran Arief Gunawan mengatakan bahwa hari ini Kamis (22/03) seluruh Lapas/Rutan/LPKA Se-Kalimantan Tengah serentak melaksanakan kegiatan Skrining Batuk kepada tamu pengunjung. Dijelaskannya secara detail bahwa kegiatan skrining batuk dilakukan setelah pengunjung melewati Penjaga Pintu Utama (P2U) sebelum memasuki ruang kunjungan. Kemudian para pengunjung ditanya apakah yang bersangkutan sedang dalam keadaan batuk atau tidak. Apabila batuk, kita akan berikan masker dan ditanya terkait gejala TBC lainnya yaitu batuk lebih dari 2 minggu, penurunan berat badan dan keringat malam. Apabila ditemukan suspek TBC, maka akan di data nama, nomor telepon dan alamat sehingga nantinya dari data tersebut bisa kita komunikasikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat untuk ditindaklanjuti, pungkas Arief kepada Humas Kantor Wilayah.

(Baca Juga : Pucuk Pimpinan Lapas Kelas II A Palangka Raya Berpindah Tangan Dari Priyarso Kepada Syarif Hidayatullah)

Menanggapi kegiatan Skrining Batuk yang dilakukan secara serentak pada hari ini, Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius Mathius Ayorbaba berharap agar kegiatan bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar. Menurutnya dengan dilakukannya kegiatan ini setidaknya kita bisa membantu pencegahan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi masyarakat. Selain itu juga kegiatan skrining batuk yang kita lakukan adalah salah satu wujud nyata menuju Indonesia yang bebas penyakit TBC, ucap Anthon. Pada kesempatan ini Anthon juga berpesan kepada seluruh Kepala Lapas/Rutan/LPKA Se-Kalimantan Tengah agar mendokumentasikan kegiatan ini serta membuat laporan ke Kantor Wilayah yang nantinya akan kita kompilasi sebagai laporan kegiatan Kantor Wilayah Ke Kementerian dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Jakarta, ucap Anthon.   (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Mar 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook