Perkembangan Kasus Covid-19 Di Kalteng, Total Kasus Positif, PDP, ODP Maupun Pasien Sembuh Meningkat

Kontribusi dari Widia Natalia, 29 April 2020 16:06, Dibaca 12 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19. Total kasus positif, Pasien Dengan Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun pasien sembuh dari Covid-19, saat ini mengalami peningkatan.

Sampai dengan Rabu, (29/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif Covid-19 di Kalteng terus meningkat hingga mencapai 128 orang. Total kasus positif pada hari sebelumnya yakni Selasa (28/04/2020) hanya berjumlah 121 orang. Dalam 24 jam terakhir terjadi penambahan pada kasus positif sebanyak 7 orang.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Ikuti Shalat Istisqa \"Shalat Minta Hujan\" Bersama Ratusan ASN dan Kejati Kalteng)

Penambahan 7 orang pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kota Palangka Raya sebanyak 2 orang, Kabupaten Kapuas sebanyak 2 orang, Kabupaten Barito Timur sebanyak 1 orang dan Kabupaten Murung Raya sebanyak 2 orang.

Saat ini, pasien positif yang baru sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 yakni di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, RSUD Puruk Cahu dan RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm).

Total kasus positif sebanyak 128 orang, masing-masing 110 orang masih dalam perawatan, 12 orang dinyatakan sembuh dan 6 orang meninggal dunia.

Sebanyak 110 pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan, berada di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya 71 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) 14 orang, RSUD Murjani Sampit 16 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 4 orang, RSUD Puruk Cahu 4 orang dan RSUD Ulin bjm 1 orang.

Selain terjadi penambahan pada kasus positif, turut terjadi penambahan pada kasus pasien sembuh dari Covid-19 sebanyak 1 orang sehingga jumlah pasien sembuh dari Covid-19 menjadi 12 saat ini.

Sebanyak 12 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni 9 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 1 diantara 9 orang tersebut dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir. Pasien sembuh dalam 24 jam terakhir merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau. 2 orang lainnya yang dinyatakan sembuh merupakan distribusi dari Kabupaten Kotawaringin Barat yang menjalani perawatan di RSSI Pangkalan Bun dan 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit.

Sementara, jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 tetap berjumlah 6 orang. Sebanyak 6 orang yang di nyatakan meninggal yakni 5 orang merupakan pasien positif yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka, namun dari 5 orang yang meninggal dunia tersebut yakni 2 orang diantaranya merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan 1 orang lagi merupakan pasien asal Kabupaten Barito Timur yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Sedangkan, 1 orang lainnya yang meninggal dunia merupakan pasien yang menjalani perawatan di RSUD Murjani, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Saat ini, total kasus PDP turut mengalami penambahan menjadi 76 orang saat ini. Total kasus PDP pada hari sebelumnya hanya berjumlah 75 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya tetap berjumlah 37 orang, PDP di RSSI Pangkalan Bun bertambah menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap berjumlah 7 orang, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap berjumlah 2 orang, PDP di RSUD Muara Teweh tetap berjumlah 4 orang, PDP di RSUD Puruk Cahu mengalami pengurangan sebanyak 2 orang sehingga tersisa 8 orang saat ini, PDP di RS Siloam tetap berjumlah 5 orang, PDP di RSUD Jaraga Sasameh tetap berjumlah 7 orang, PDP di RS Bhayangkara tetap 1 orang dan PDP di RSUD Lamandau bertambah menjadi 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 27 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 3 orang, Kabupaten Barito Utara 5 orang, Kabupaten Murung Raya 8 orang, Kabupaten Pulang Pisau 3 orang, Kabupaten Katingan 12 orang, Kabupaten Kapuas 3 orang, Kabupaten Barito Timur 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 7 orang, Kabupaten Seruyan 1 orang, Kabupaten Gunung Mas 2 orang dan Kabupaten Lamandau 1 orang.

Sama halnya dengan kasus positif, PDP maupun pasien sembuh, untuk kasus ODP saat ini turut mengalami penambahan. Jumlah ODP sampai saat ini mencapai 372 orang. Telah terjadi penambahan ODP sebanyak 26 orang dalam 24 jam terakhir.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 139 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 22 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 123 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 41 orang, RSUD Murjani berjumlah 11 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 11 orang.

Wilayah zona merah saat ini masih tetap berada di 1 Kota dan 12 Kabupaten, diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Gunung Mas. Sementara, Daerah Kabupaten Sukamara menjadi satu-satunya Daerah zona hijau.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook