Menhan Tinjau Lahan dan Serap Aspirasi Masyarakat di Wilayah Food Estate Gunung Mas

Kontribusi dari Widia Natalia, 10 Maret 2021 15:21, Dibaca 299 kali.


MMCKalteng – Gunung Mas – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengatakan keseluruhan luas lahan yang digunakan untuk pengembangan food estate di Kabupaten Gunung Mas kurang lebih 30.000 Hektare (Ha).  Hal ini disampaikannya saat mendampingi kunjungan kerja Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto dan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran meninjau pengembangan Food Estate komoditi singkong di Desa Tewaibaru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas, Rabu (10/03/2021).


Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyampaikan Lokasi pengembangan Food Estate untuk awal dibuka di wilayah Kecamatan Sepang, tepatnya di Desa Tewaibaru, Kabupaten Gunung Mas. Keseluruhan luas lahan yang digunakan untuk pengembangan food estate di Kabupaten Gunung Mas kurang lebih 30.000 Ha.

(Baca Juga : Himbauan Gubernur Kalteng Mengenai Mekanisme Pelaksanaan Ibadah)

“Yang sudah dibuka kurang lebih 500 Ha, kalau dengan infrastruktur kurang lebih 600 Ha”, pungkas Jaya Samaya Monong.

Menhan RI Prabowo Subianto mengatakan kunjungan kerjanya di Kabupaten Mas untuk meninjau langsung progress pembangunan komoditi singkong yang prakarsai oleh Kemenhan. Prabowo Subianto mengutarakan kunjungannya kali ini sekaligus untuk menyerap aspirasi masyarakat setempat mengenai pengembangan food estate serta apa saja yang harus dipersiapkan agar pembangunan food estate di Kabupaten Gunung Mas berjalan dengan baik. 

Berbagai varietas singkong yang  dikembangkan antara lain Kristal merah, Iding, carvita 25, revita R1, Malang 4, Litbang UK2, Darul Hidayah, UJ 5, Adira 4 dan lain-lain. Macam-macam varietas singkong yang akan ditanam berdasarkan kesesuaian lahan dan tujuan akhir pengembangan (produk) bahan baku pangan dan industri.


Kunjungan kerja Menhan di Kabupaten Gunung Mas didampingi langsung Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Prov. Kalteng Hj. Sunarti. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook