Update Perkembangan Kasus Covid-19 Di Kalteng, Total Kasus Positif Mencapai 104 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 April 2020 15:20, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center (MC) Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) merilis perkembangan terbaru mengenai kasus Covid-19. Total kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng terus mengalami lonjakan.

Sampai dengan Minggu, (26/04/2020) pukul 15.00 WIB, total kasus positif Covid-19 di wilayah Kalteng mencapai 104 orang. Total kasus positif pada hari sebelumnya yakni Sabtu (25/04/2020) hanya berjumlah 101 orang.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19, 12 November 2021 : Sembuh 4 Orang, Konfirmasi 2 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Penambahan pasien positif yang baru dalam 24 jam terakhir merupakan distribusi dari Kota Palangka Raya sebanyak 2 orang dan Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 1 orang.

Saat ini, pasien positif yang baru sedang menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 yakni di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya dan RSUD Sultan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun.

Total kasus positif sebanyak 104 orang, masing-masing 88 orang masih dalam perawatan, 11 orang dinyatakan sembuh dan 5 orang meninggal dunia.

Sebanyak 88 pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan, berada di sejumlah RS rujukan, diantaranya di RSUD Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya 56 orang, RS Sultan Imanuddin (RSSI) 14 orang, RSUD Murjani Sampit 16 orang dan Karantina Pemerintah Daerah Kapuas 2 orang.

Setelah dikabarkan terjadi penambahan distribusi sebanyak 1 orang positif Covid-19 asal Kabupaten Kotawaringin Barat, di waktu yang bersamaan tepatnya di Kabupaten Kotawaringin Barat juga telah terjadi penambahan sebanyak 1 orang pada pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

Dengan adanya penambahan pasien sembuh pada hari ini, total kasus pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh menjadi 11 orang.

Sebanyak 11 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni 8 orang berdasarkan hasil dari RS rujukan Covid-19 RSDS Palangka Raya, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit dan 2 orang merupakan distribusi dari Kabupaten Kotawaringin Barat yang menjalani perawatan di RSSI Pangkalan Bun. Dari 2 pasien asal Kabupaten Kotawaringin Barat yang dinyatakan sembuh, 1 diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir.

Sementara, jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid-19 masih berjumlah 5 orang yakni 4 orang merupakan pasien positif yang dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka, namun dari 4 orang yang meninggal dunia tersebut yakni 2 orang diantaranya merupakan pasien rujukan dari Kabupaten Kapuas yang rawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Dan 1 orang lainnya yang meninggal dunia merupakan pasien yang sebelumnya dirawat di RSUD Murjani, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) saat ini mengalami penambahan. Jumlah PDP sampai saat ini menjadi 82 orang. Pada kasus PDP mengalami penambahan sebanyak 6 orang dalam 24 jam terakhir, dimana data pada hari sebelumnya, Sabtu (25/04/2020) hanya berjumlah 76 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya berjumlah 43 orang, terjadi penambahan sebanyak 12 orang dalam 24 jam terakhir, PDP di RSSI Pangkalan Bun tersisa 2 orang, terjadi pengurangan sebanyak 5 orang dalam 24 jam terakhir, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap berjumlah 7 orang, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap 1 orang, PDP di RSUD Muara Teweh mengalami pengurangan sebanyak 1 orang sehingga tersisa 4 orang saat ini, PDP di RSUD Puruk Cahu mengalami penambahan sebanyak 1 orang sehingga menjadi 12 orang saat ini, PDP di RS Siloam berkurang sebanyak 1 orang sehingga tersisa sebanyak 7 orang saat ini dan dan PDP di RSUD Jaraga Sasameh bertambah 1 orang menjadi 6 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 26 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 2 orang, Kabupaten Barito Utara 5 orang, Kabupaten Murung Raya 14 orang, Kabupaten Pulang Pisau 2 orang, Kabupaten Katingan 12 orang, Kabupaten Kapuas 4 orang, Kabupaten Barito Timur 7 orang, Kabupaten Barito Selatan 7 orang, Kabupaten Seruyan 1 orang dan Kabupaten Gunung Mas 2 orang.

Kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini kembali mengalami penambahan. Jumlah ODP sampai saat ini berjumlah 360 orang. Telah terjadi penambahan ODP sebanyak 52 orang dalam 24 jam terakhir.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 139 orang dinyatakan negatif, 15 orang di RSSI Pangkalan Bun dan 14 orang di RSUD Murjani. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 128 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 41 orang, RSUD Murjani berjumlah 19 orang dan RSUD Muara Teweh berjumlah 6 orang.

Wilayah zona merah saat ini masih tetap berada di 1 Kota dan 12 Kabupaten, diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Gunung Mas. Sementara, Daerah Kabupaten Sukamara menjadi satu-satunya Daerah zona hijau.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook