Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 22 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 32 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 14 Juli 2020 16:29, Dibaca 992 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya -  Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan sebanyak 13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalteng sudah terdampak Covid-19, tetapi Kabupaten Sukamara sudah menjadi zona hijau karena tidak ada kasus. Sementara, Kabupaten Lamandau sudah tidak ada kasus aktif selama 28 hari terakhir sehingga secara kriteria sudah dapat katakan zona hijau, namun, berdasarkan rilis Gugus Tugas Pusat masih dikategorikan zona kuning. Kabupaten Seruyan juga sama yakni sudah tidak ada kasus aktif tetapi belum mencapai 28 hari sehingga belum dikategorikan zona hijau. Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng melalui tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Caroline Ivonne dalam press release yang digelar pada Selasa (14/07/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Dalam keterangannya, dr. Caroline Ivonne mengungkapkan, jumlah pasien sembuh Covid-19 terus mengalami peningkatan yang signifikan. Saat ini jumlah pasien sembuh Covid-19 di Kalteng telah mencapai 786 orang setelah ada penambahan sebanyak 22 orang dalam 24 jam terakhir

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 38 Orang Dan Terkonfirmasi Baru 37 Orang)

Sebanyak 22 orang yang baru dinyatakan sembuh yakni  6 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Timur, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan dan 12 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Kapuas.

Diketahui, Sebanyak 22 orang yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 6 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, 2 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 12  orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas, 1 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RS Betang Pambelum dan 1 orang lainnya yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Tamiang Layang.

Total sebanyak 786 orang dinyatakan sembuh termasuk 22 orang yang baru dinyatakan sembuh Covid-19, masing-masing sebanyak 314 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 6 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 110 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 2 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 46 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 101 orang, 12 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 29 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 36 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 16 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 8 orang berdasarkan hasil dari RSUD Jaraga Sasameh,  RSUD Pulang Pisau 7 orang, 36 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 7 orang berdasarkan hasil dari RSUD Muara Teweh, 18 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara, 14 orang berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sukamara, 9 orang berdasarkan hasil dari RSUD TNI,  isoslasi mandiri 3 orang,  RSUD Kuala Kurun 15 orang, 4 orang berdasarkan hasil dari RS Betang Pambelum, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir,  8 orang berdasarkan hasil dari RSI PKU Muhamadiyah dan 3 orang lainnya berdasarkan hasil dari RSUD Tamiang Layang, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir.

dr.Caroline Ivonne juga menyampaikan, kasus positif Covid-19 di Kalteng saat ini dilaporkan turut mengalami peningkatan yang signifikan. Jumlah kasus positif telah mencapai 1246 kasus saat ini. Telah terjadi penambahan pada kasus positif sebanyak 32 orang dalam 24 jam terakhir.

Sebanyak 32 orang tersebut, masing-masing 12 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 2 orang  merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 16 orang  merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau dan 2 orang lainnya  merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Terkonfirmasi positif yang baru saat ini sedang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya 2 orang, 2 orang berada di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun,  15 orang berada di RSUD RSUD Soemarno Sostroatmojo, 2 orang berada di RSUD Puruk Cahu, 1 orang berada di RS Siloam Palangka Raya, 8 orang berada di RS Kota Palangka Raya, 1 orang berada di RS Bhayangkara dan 1 orang lainnya berada di RS Betang Pambelum

Saat ini, total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 1246 yakni 786 orang sudah dinyatakan sembuh, 72 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 388 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 388 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya tersisa 49 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tetap 70 orang, RSUD Murjani Sampit tetap 5 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo menjadi 69 orang, RSUD Puruk Cahu menjadi 27 orang, RS Siloam Palangka Raya menjdi 16 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 7 orang, RSUD Jaraga Sasameh tersisa 9 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 11 orang, RS Kota Palangka Raya menjadi 21 orang, RSUD Muara Teweh tetap 19 orang, RS Bhayangkara menjadi 24 orang, RSUD TNI tetap 7 orang, menjalani isolasi mandiri tetap 8 orang, RSUD Kuala Kurun tetap 9 orang, RS Betang Pambelum tetap 13 orang, RSI PKU Muhamadiyah tetap 10 orang dan RSUD Tamiang Layang tersisa 14 orang saat ini.

dr.Caroline Ivonne juga menuturkan, tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini masih berada di angka 5,8 persen. Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 saat ini menjadi 72 orang saat ini. Ada penambahan dibanding tanggal 13 Juli 2020 sebanyak 1 orang. Diketahui, sebanyak 1 orang tersebut yang baru meninggal merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Jaraga Sasameh.

Lebih lanjut disampaikan oleh dr. Caroline Ivonne, saat ini sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng  berada di 11 Kabupaten/Kota. Jumlah kasus PDP saat ini tersisa 92 orang setelah kembali ada pengurangan sebanyak 2 orang dalam 24 jam terakhir.

PDP di RSDS Palangka Raya tetap 7 orang saat ini,  RSUD Soemarno Sostroatmojo tetap 12 orang, RSUD Pulang Pisau menjadi 1 orang, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun tersisa 22 orang, RS Siloam tetap 4 orang, RSUD Mas Amsyar tersisa 3 orang, Bhayangkara menjadi 4 orang, RSUD Muara Teweh tetap 6 orang,  PDP di RSUD Lamandau tetap 2 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 27 orang saat ini, PDP di RS Kota Palangka Raya tetap 1 orang, RS Kuala Pembuang tersisa 2 orang dan di RSUD Tamiang Layang tetap 1 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka 13 orang, Kabupaten Pulang Pisau 2 orang, Kabupaten Katingan 3 orang, Kabupaten Kapuas 12 orang,  Kabupaten Kotawaringin Barat 21 orang,  Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, Kabupaten Seruyan 4 orang, Kabupaten Barito Utara 6 orang, Kabupaten Lamandau 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 27 orangvdan Kabupaten Barito Timur 1 orang.

Terakhir disampaikan dr. Caroline Ivonne, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan juga mengalami pengurangan. Ada pengurangan sebanyak 6 orang dibanding tanggal 13 Juli 2020. Jumlah ODP di Kalteng saat ini sebanyak 205 orang. ODP terbanyak ada di Kabupaten Katingan berjumlah 94 orang. (WDY/Foto:Tomi)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook