Dinsos Kapuas Susun Data Warga Penerima Bantuan

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 18 April 2020 12:37, Dibaca 3 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan, S.Sos, M.Si mengatakan pihaknya sudah lama melakukan pendataan dan akan berakhir sampai hari Senin nanti terkait penerima bantuan sosial berupa Sembako dan uang untuk pandemi COVID-19.

“Data tersebut kami kejar sampai hari Senin,” tegas Kadinsos Kapuas sembari mengatakan data itu nantinya akan diserahkan ke pihak Pemprov dan Pempus.

(Baca Juga : Pengukuhan Pengurus MUI Masa Khidmat 2022-2027 di Kabupaten Barito Selatan.)

Sumber dana untuk bantuan sosial ini menurutnya pula berasal dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten serta dari Kementerian Sosial dan dari Dana Desa.
Bantuan itu nantinya bisa berupa beras atau uang tunai. Bantuan dari Provinsi dan Kabupaten berupa beras atau sembako sedangkan dari Pusat dalam bentuk uang tunai.

“Kami lagi menyusun data nya supaya jangan sampai bantuan ini tertumpang,” tandas Budi Kurniawan saat ditemui Jumat (17/4/2020).

Ia pun mengakui memang ada beberapa kelurahan yang mengalami keterlambatan dalam pendataan dan itu terus diperbaiki. Sedangkan untuk desa sudah ada dana desa dan daftar warga nya yang berhak menerima bantuan tunai tersebut. Disamping itu, di luar dari dana desa mereka juga bisa mengusulkan bantuan pada pemerintah karena sumber dana nya ada.

“Insya Allah masyarakat miskin yang terdampak mungkin tidak semua bisa tercover karena keterbatasan pemerintah, tapi kita berharap 30 hingga 40 persen dari masyarakat Kapuas bisa dicover untuk menerima bantuan sosial dan dalam pelaksanaan penyaluran nya berkerjasama dengan melibatkan TNI dan Polri serta para relawan. Skema penyaluran nya nanti kita bagikan dari rumah ke rumah karena saat ini tidak boleh membuat kerumunan massa,” ujarnya pula.

Dan menambahkan, warga kurang mampu yang merasa belum terdaftar dipersilahkan melapor lewat RT dan kemudian RT melaporkan ke Kelurahan. (Dlk/hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook