Retail Modern Harus Bantu Pasarkan Produk Lokal dan UMKM

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 22 Agustus 2019 12:15, Dibaca 179 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya, Tantawi Jauhari meminta pihak pengelola toko retail modern berjejaring untuk dapat membantu memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh industri rumah tangga maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Retail atau toko modern yang tersebar di Kota Palangka Raya bisa turut membantu memasarkan dan mempromosikan produk lokal. Seperti UMKM,” kata Tantawi, Rabu (21/8/2019).

(Baca Juga : Inspektorat Kobar Terjunkan Tim Pemantauan Tindak Lanjut ke Desa)

Selama ini kata dia, banyak kendala yang dihadapi para pelaku UMKM, terutama dalam hal pemasaran, maupun peluang.Karenanya diperlukan sinergitas maupun kebijakan yang melibatkan keberpihakan toko retail modern dan supermarket untuk membantu memasarkan produk usaha lokal tersebut. 

Dikatakan, kehadiran toko modern di Palangka Raya seharusnya mampu turut mengangkat hasil produk lokal seperti memasarkan produk UMKM, sehingga secara tidak langsung merangsang pertumbuhan para pelaku usaha lokal di sektor UMKM itu sendiri.

“Sejatinya keberadaan toko retail modern pada suatu daerah, sedikit banyak harus ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dimana retailnya itu berdiri,” bebernya.

Selain dari sisi penciptaan lapangan kerja kata Tantawi, maka rangsangan mendorong pengembangan UMKM ditingkat lokal perlu dilakukan oleh usaha modern tersebut.

Dalam bagian lain politikus yang kembali terpilih sebagai anggota DPRD Palangka Raya ini meminta, para pelaku UMKM mampu menghasilkan produk yang layak jual dan berkualitas serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan. 

“Perlu diingat, UMKM memiliki peranan sebagai produsen dan bukan penyalur saja,”tukasnya.

Terakhir kata Tantawi, UMKM harus terus berbenah untuk membangun kemandirian usahanya. Baik mulai dari SOP terkait tempat produksi yang sesuai dengan standar dari pemerintah. Terutama berkaitan dengan kebersihan maupun kesehatan produksi industri UMKM. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook