Sekda Ikuti Vicon Bahas Antisipasi dan Kebutuhan Daerah Bidang Perindustrian, Perdagangan dan Pangan

Kontribusi dari Widia Natalia, 07 April 2020 18:56, Dibaca 341 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) melalui Video Conference (Vidcon) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Menteri Keteganakerjaan, Menteri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin), bertempat di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (07/04/2020).

Turut hadir mengikuti ratas tersebut diantaranya Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Lilis Suryani dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalteng Syahril Tarigan.

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Gelar Puncak Perayaan Hari Ibu ke 89)

Ratas yang diikuti oleh Sekda Provinsi dan Bupati/ Walikota se-Indonesia membahas langkah antisipasi dan kebutuhan Daerah Bidang Perindustrian, Perdagangan dan Pangan dalam pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19.

Dalam ratas tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menghimbau kepada Kepala Daerah untuk melakukan inventarisasi kebutuhan kewilayahan, terutama yang berhubungan dengan alat kesehatan termasuk perlindungan bagi keluarga untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti kebutuhan vitamin serta kesiapan pangan.

Pada kesempatan ini, Tito Karnavian menekankan 2 (dua) arahannya dalam menghadapi pandemi Covid-19 yakni tetap berusaha mengutamakan kesehatan publik dan juga menjaga stabilitas ekonomi.

Dikesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan yakni selain meluncurkan Kartu Pra Kerja bagi pekerja/ buruh terdampak Covid-19, Pemerintah juga akan memberitan bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Erick Thohir mengatakan, BLT yang merupakan tambahan bagi masyarakat terdampak Covid-19 akan disalurkan melalui PT. Pos Indonesia.

"BLT yang merupakan tambahan baru, kita akan salurkan melalui PT. Pos nantinya, jadi ini bisa mempercepat", ucap Erick Thohir.

Erick juga menuturkan, bantuan lain yang diberikan diantaranya listrik 450 va gratis dan 900 va diskon 50% untuk 3 bulan ke depan, April, Mei, dan Juni 2020. (WDY/Foto:Ega)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook