Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Pimpin Rakor Kedua Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Dana Hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Prov. Kalteng TA 2019-2020

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 November 2020 10:34, Dibaca 89 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nurul Edy mewakili Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kedua Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Dana Hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Prov. Kalteng Tahun Anggaran (TA) 2019-2020, bertempat di Swiss-Bell Hotel Danum Palangka Raya, Kamis (26/11/2020). Pemprov. Kalteng melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Prov. Kalteng diberikan mandat sebagai perpanjangan PemerintahPusat untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan Pemanfaatan Dana Hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi, dalam menjalankan fungsi tersebut tim telah meninjau langsung pelaksanaan dilapangan, melaksanakan Rakor dan memberikan laporan yang berisi hasil evaluasi dan rekomendasi kedepan kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB.

Sambutan tertulis Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng H. Nurul Edy menyampaikan pada TA 2019, Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Keuangan RI telah menyalurkan Dana Hibah dan Pemerintah kepada Pemerintah Daerah dalam rangka bantuan pendanaan rehabilitasi dan rokonstruksi pescabencana dan Prov. Kalteng diberikan kepercayan memanfaatkan dana hibah sebesar Rp. 42.939.073.000,- yang terdapat di 7 Kabupaten. H. Nurul Edy memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 4 Kabupaten yang telah selesai 100% yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur, Kapuas, Gunung Mas dan Pulang Pisau. Sementara, untuk 3 Kabupaten yang masih belum selesai yaitu Kabupaten Murung Raya, Barito Selatan dan Katingan.

(Baca Juga : Nuansa Keberagaman dan Kebersamaan Warnai Perayaan Natal Keluarga Besar Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Tengah)

H. Nurul Edy meminta kepada 3 Kabupaten yang belum selesai 100% agar segera menyelesaikan pekerjaan dengan semangat dan mengambil langkah-langkah strategis untuk percepatan pemanfaatan Dana Hibah rehabilitasi dan rokonstruksi pescabencana Prov. Kalteng TA 2019-2020. Rincian dana hibah rehabilitasi dan rokonstruksi pescabencana yang diterima masing-masing Kabupaten diantaranya Kabupaten Kapuas Rp. 8.918.707.000,-, Kabupaten Gunung Mas Rp. 6.705.550.000,-, Kabupaten Katingan Rp. 6.671.108.000,-, Kabupaten Kotawaringin Timur Rp. 5.681.500.000,-, Kabupaten Pulang Pisau Rp. 5.297.663.000,- Kabupaten Barito Selatan Rp. 5.074.023.000 dan Kabupaten Murung Raya Rp. 4.590.522.000,-.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng mengingatkan kepada masing-masing Kabupaten yang menerima dana hibah rehabilitasi dan rokonstruksi pescabencana bahwa mulai tanggal 24 Desember 2020 sudah mulai cuti bersama, sehingga walaupun kontrak dan pekerjaan batas akhir sampai dengan akhir Desember, namun batas akhir sistem keuangan untuk LS adalah sampai dengan 15 Desember 2020 harus sudh selesai. H. Nurul Edy menekankan selain meminta percepatan pekerjaan fisik, kewajiban administrasi juga harus mulai dipersiapkan sejak dini dan tidak ada toleransi terkendala maupun kompromi penyesuaian 100% pekerjaan yang riilnya belum 100%.

“Kesuksesan kita dalam pelaksanaan kegiatan dari Hibah Pemerintah pusat untuk rehabilitasi dan rekonstruksi Tahun ini akan sangat mempengaruhi perhatian Pemerintah Pusat melalui BNPB terkait pemberian dana Hibah untuk tahun selalanjutnya, untuk itu kami minta semua kegiatan yang dilaksanakan harus selesai dengan baik secara fisik dan menyajikan dokumen admiistrasi keuangan yang akuntabel”, tegas H. Nurul Edy.

H. Nurul Edy mengajak untuk bersama-sama berkomitmen melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga perjuangan untuk mendapatkan dana hibah ini tidak sia-sia dan dengan harapan kedepan diberikan kepercayaan kembali untuk menerima dana hibah lebih besar. Hadir mengikuti Rakor Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Prov. Kalteng H. Darliansjah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah 7 Kabupaten Penerima Dana Hibah serta para tamu undangan rapat.(WDY/Foto:Fery)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook