PPID Utama Kalteng Ikuti Acara Silahturahmi Nasional Badan Publik & Rakornas ke-11 KI se-Indonesia Tahun 2020

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 Oktober 2020 10:39, Dibaca 81 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Koordinator Bidang Pengolahan Data dan Klasifikasi Informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Laura Andalina mewakili PPID Utama Prov. Kalteng Agus Siswadi mengikuti acara silahturahmi Nasional Badan Publik & Rapat Koordinasi Nasional ke-11 Komisi Informasi (KI) se-Indonesia Tahun 2020 secara virtual dari Gedung Smart Province (GSP) Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Prov. Kalteng, Senin (26/10/2020). Acara ini mengusung tema “Inovasi Pelayanan Informasit Publik untuk Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi Nasional melalui Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Menyikapi permasalahan Global yakni Pandemi Covid-19 KI Pusat perlu membangun sinergi dan integrasi keterbukaan informasi publik pada kesehatan dan ekonomi Nasional. Proyeksinya, KI Pusat ingin mengajak berbagai komponen Bangsa, terutama Badan Publik dari Pusat hingga Daerah dan masyarakat untuk terus melakukan inovasi terhadap pelayanan informasi publik dengan tujuan agar pandemi sekarang ini tidak menjadi hambatan bagi ruang Access to Information sebagai Right to Information pada semua lapisan masyarakat dan menjadi warning system bagi Badan Publik untuk tetap nelaksanakan Obligation to Tell kepada masyarakat secara aktif maupun pasif.

(Baca Juga : Pengurus APPSI Lakukan Audiensi Dengan Mendagri Tito Karnavian)

Sekretaris KI Pusat Munzaer saat mebacakan sambutan Ketua KI Pusat Gede Narayana selaku panitia acara mengungkapkan pandemi Covid-19 saat ini telah menimbulkan kepanikan dan beban karena skala dan kecepatan penyebarannya sulit dikendalikan. Di Indonesia, kasus Covid-19 masih sangat tinggi, disamping masalah kegiatan juga menumpulnya sektor perekonomian.

Hal senada diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat membuka acara silahturahmi Nasional Badan Publik & Rapat Koordinasi Nasional ke-11 KI se-Indonesia Tahun 2020 secara virtual menyampaikan kita berfokus kepada 3 hal yaitu melakukan koordinasi secara Nasional untuk sinergi dan berintegrasi inovasi pelayanan informasi publik untuk pemulihan kesehatan dan ekonomi Nasional melalui adaptasi kebiasaan baru. Kedua, membahas dan mendiskusikan terkait sinergi dan inovasi pelayanan informasi publik untuk pemulihan kesehatan dan ekonomi Nasional melalui adaptasi kebiasaan baru.

Terakhir, meluruskan langkah-langkah strategis yang harus diambil oleh badan publik dan KI Pusat serta Daerah dalam rangka inovasi pelayanan informasi publik untuk pemulihan kesehatan dan ekonomi Nasional melalui adaptasi kebiasaan baru.

Sementara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo yang turut hadir sebagai Narasumber juga mengungkapkan Kebijakan Pemerintah itu pasti kita buat dengan memikirkan berbagai hal. Tidak ada yg ingin menyengsarakan rakyat.

“Mari kita mendukung kebijakan-kebijakan yang dibuat. Jika ada yang ingin menyatakan pendapat silahkan dengan cara yang demokratis, jangan menyebarkan hoax ujaran kebencian dan sebagainya”tutur Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo dalam kesempatan tersebut memaparkan terkait Disiplin ASN sebagai Kunci Penanggulangan Covid-19. Tjahjo Kumolo juga menyampaikan mengenai tahapan penyelenggaraan Pemerintah Dalam Tatanan Normal Baru serta penguatan peran Tim Penanganan Covid-19 sebagai Pusat Krisis.(WDY/YDS/RNT/Foto: YDS)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook